Jumat 19 Apr 2024 20:36 WIB

Lima Film Sci-Fi Superhero Terbaik, Sudah Nonton yang Mana?

Film superhero memiliki beragam genre bagi sineas untuk bereksperimen.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Robocop. RoboCop dianggap sebagai fil Sci-Fi Superhero terbaik.
Robocop. RoboCop dianggap sebagai fil Sci-Fi Superhero terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film superhero saat ini telah menjadi salah satu film yang paling mendatangkan keuntungan dan menarik minat penonton. Meski dianggap memiliki "formula" yang pasaran, film superhero mempunyai beragam genre yang memberikan banyak ruang bagi para sineas untuk untuk bereksperimen.

Salah satu genre yang paling banyak digunakan dalam film-film superhero adalah sci-fi atau fiksi ilmiah. Tak terhitung banyaknya karakter superhero dan villain yang muncul dan memeroleh kekuatannya melalui situasi-situasi fiksi ilmiah, seperti alien, perjalanan waktu, hingga petualangan multiverse.

Baca Juga

Dari beragam judul film sci-fi superhero, laman Collider telah memilih 10 film sci-fi superhero terbaik yang patut ditonton. Di urutan keenam hingga kesepuluh ada film Blue Beetle (2023), Captain Marvel (2019), Sky High (2005), Chronicle (2012), dan Brightburn (2019).

Berikut ini adalah film-film sci-fi superhero yang berhasil masuk ke dalam urutan lima besar terbaik.

1. Superman: The Movie (1978)

Film garapan sutradara Richard Donner ini telah menjadi blueprint bagi film-film bergenre superhero di masa kini. Seperti dilansir Collider pada Jumat (19/4/2024), film ini bercerita tentang seorang ilmuwan di planet Krypton, Jor-El, yang menyadari bahwa planet tersebut akan hancur. Jor-El tak bisa berbuat banyak kecuali menyelamatkan bayi lelakinya, Kal-El, dengan cara mengirim Kal-El ke bumi dengan pesawat luar angkasa.

Sesampainya di bumi, Kal-El ditemukan dan dirawat oleh pasangan bernama Jonathan dan Martha Kent. Keduanya lalu menamai Kal-El sebagai Clark Kent. Saat beranjak dewasa, Clark Kent mulai menyadari bahwa dirinya berbeda dengan manusia biasa dan memiliki kekuatan yang mampu melindungi seluruh manusia di bumi.

2. Flash Gordon (1980)

Di awal 80-an, Star Wars dan Superman dikenal sebagai film yang sangat populer. Tak heran bila produser Dino De Laurentiis tertarik untuk membuat film mengenai Flash Gordon yang sumber inspirasi dari kedua film populer tersebut.

Film garapan sutradara Mike Hodges ini berkisah mengenai sosok penguasa jahat di planet Mongo, Ming the Merciless, yang dirundung kebosanan. Ming lalu menemukan bahwa jalan keluar paling sempurna untuk mengatasi kebosanannya adalah kehancuran bumi.

Saat Ming sedang merencanakan sejumlah bencana alam di bumi, seorang ilmuwan gila dari bumi justru memutuskan pergi ke luar angkasa untuk melakukan investigasi. Ilmuwan bernama Dr Hans Zarkov tersebut melakukan perjalanan bersama dua rekannya, Dale Arden dan Frash Gordon.

Saat mereka mengeksplorasi beragam dunia baru dan bertemu teman serta musuh baru, mereka menyadari betapa besarnya kekuatan Ming untuk melancarkan teror. Flash Gordon lalu menemukan bahwa dia mungkin satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan semua orang di bumi dari teror Ming.

3. Robocop....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement