Kamis 18 Apr 2024 10:14 WIB

Dokter Olivia Munn Sarankan Ini untuk Deteksi Dini Kanker

Penilaian risiko memperkirakan risiko seorang wanita terkena kanker payudara invasif.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
 Hasil mammogram payudara, tes untuk mendeteksi kanker.
Foto:

Apa yang terjadi setelah menghitung skor risiko?

Skor risiko seumur hidup sebesar 20 persen atau lebih menunjukkan risiko tinggi, dan pemeriksaan diagnostik tambahan mungkin diperlukan. Karena mammogram mendiagnosis 4 dari 5 kanker, pasien berisiko tinggi memerlukan pemeriksaan MRI tambahan.

Aliabadi juga menawarkan rencana tindakan berdasarkan skor. Pasien juga harus memeriksakan diri ke dokter.

Terkait skor Olivia Munn sendiri sangat mengkhawatirkan, yaitu 37,3 persen, sebagian karena nenek dan dua bibinya mengidap penyakit tersebut dan dia melahirkan anak pertamanya setelah usia 30 tahun. MRI yang dipesan Aliabadi setelah dia menghitung skor risiko seumur hidup Tyrer-Cuzick Munn mengidentifikasi tumor di payudara kanan dan juga satu di bagian kiri. 

Biopsi mengidentifikasi kanker yang diderita Munn sebagai luminal B. Ini adalah kanker agresif dan bergerak cepat yang ditemukan pada stadium 1. 

"Jika bukan karena Dokter Aliabadi, saya akan tetap menjalani hidup tanpa mengetahui bahwa saya mengidap kanker payudara,” kata Munn.

Apakah pemeriksaan tambahan ditanggung asuransi?

Menurut American Cancer Society, sebagian besar asuransi swasta mencakup MRI dan tes lain untuk wanita berisiko tinggi. Itu sebabnya Aliabadi mempertimbangkan untuk mengetahui tingkat risiko sebagai informasi penting yang dibutuhkan perempuan untuk melakukan advokasi secara efektif bagi diri mereka sendiri. “Sama seperti Anda mengetahui nama dan tanggal lahir Anda, saya ingin setiap wanita mengetahui risiko kanker payudara seumur hidupnya,” kata dia.

Apa hal lain yang perlu diketahui soal pencegahan kanker payudara?

Jika memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker, “penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang tes kanker genetik, Direkomendasikan pasien mulai usia 25 tahun agar mengikuti Tes Kanker Turunan MyRisk, yang mencakup konseling genetik gratis dan mengevaluasi 48 gen. 

 

Hal itu berhubungan dengan risiko kanker herediter. Tes tersebut, yang bekerja sama dengan sebagian besar paket asuransi komersial menurut situs Alianadi, juga menghitung skor risiko kanker payudara seumur hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement