Rabu 17 Apr 2024 18:17 WIB

Kamar Kosong Ditinggal Mudik, Benarkah Kasurnya Bisa Ditiduri Jin?

Rasulullah SAW telah mencontohkan cara membersihkan kasur sebelum tidur.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Mengibas kasur sebelum tidur (ilustrasi). Disunnahkan untuk mengibaskan kasur dengan sapu lidi, sarung, atau yang semacamnya sebelum tidur.
Foto:

Hadits Riwayat Al-Bukhaari (6320) dan Muslim (2714) meriwayatkan bahwa Abu Hurairah RA berkata: Nabi SAW bersabda: "Ketika salah satu dari kalian pergi ke tempat tidurnya, hendaklah dia membersihkan tempat tidurnya dengan bagian dalam pakaian bawahnya, karena dia tidak mengetahui apa yang menempel di atasnya setelah dia meninggalkannya.

Maka hendaklah dia berdoa: 'Bismika Rabbi wada'tu janbi wa bika arfa'uhu wa in amsakta nafsi farhamhaa wa in arsaltahaa fahfazhaa bimaa tuuhfaz bihi 'ibaadika al-saliheen'."

Al-Nawawi rahimahullah mengatakan wajibnya membersihkan tempat tidur sebelum berbaring di atasnya, dimaksudkan agar tidak ada ular, kalajengking, atau benda berbahaya lainnya di dalamnya. Hendaknya membersihkan kasur dengan tangan tertutup oleh tepi pakaian bawahnya agar tidak terjadi hal yang buruk pada tangannya jika terdapat sesuatu di area yang dibersihkan.

Oleh karena itu, membersihkan debu di tempat tidur sebaiknya dilakukan ketika hendak tidur. Caranya bisa juga dengan ujung pakaian atau benda lain. Wallahualam Bishawab.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement