Jumat 12 Apr 2024 15:23 WIB

IDI Bagikan Tips Jaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba dan Mudik Lebaran

Kewaspadaan dini menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan oleh masyarakat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Lida Puspaningtyas
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, potensi hujan lebat dan angin kencang wilayah Pantai Utara Jawa.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, potensi hujan lebat dan angin kencang wilayah Pantai Utara Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim pancaroba telah tiba. Inj menandai perubahan cuaca drastis yang sering kali menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memberikan serangkaian rekomendasi untuk menjaga kesehatan Anda selama perjalanan liburan atau bisnis di musim ini.

Ketua Umum PB IDI, dr Moh. Adib Khumaidi menggarisbawahi pentingnya kewaspadaan dini, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil, atau orang yang kondisi tubuhnya kurang fit.

Baca Juga

"Kewaspadaan dini menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan oleh masyarakat," kata dr Adib, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/4/2024).

 

Berikut adalah rekomendasi dari PB IDI:

1. Lakukan Vaksinasi

Vaksinasi flu dan Covid-19 adalah langkah penting untuk melindungi diri dan mengurangi risiko penularan penyakit, terutama saat bepergian. Lakukan vaksinasi dalam kondisi tubuh yang sehat.

"Meski Covid sudah menurun dibanding saat ada pandemi, tapi penyakit ini masih ada dan penting bagi tubuh untuk terus melindungi diri dari penyakit ini dengan melakukan vaksinasi,” ujar Ketua Satgas Covid-19 PB IDI, dr Erlina Burhan.

 

2. Teliti Tujuan Perjalanan

Kenali tujuan Anda dengan baik dan siapkan diri, fisik dan mental, sesuai dengan kebutuhan aktivitas di tempat tujuan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan perjalanan seperti obat-obatan rutin dan darurat.

 

3. Periksa Pedoman Lokal

Ketahui pedoman lokal terkait kesehatan dan Covid-19 di tempat tujuan Anda, termasuk regulasi di luar negeri.

 

4. Hindari Bepergian Saat Kurang Fit

Jangan memaksakan diri untuk bepergian jika kondisi tubuh Anda tidak fit. Pertimbangkan untuk menunda perjalanan jika mengalami demam atau gejala penyakit lainnya.

 

5. Jaga Kebersihan dan Kenakan Masker

Rajinlah mencuci tangan, gunakan hand sanitizer, dan kenakan masker terutama saat berada di kerumunan atau dalam transportasi publik.

 

6. Tetap Terhidrasi dan Istirahat Cukup

Pastikan Anda minum cukup air dan mendapatkan istirahat selama perjalanan. Ini penting untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh yang sehat

 

7. Pantau Kondisi Tubuh

Perhatikan kondisi tubuh secara rutin, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan perhatian khusus.

PB IDI berharap agar masyarakat dapat menjaga kesehatan mereka dengan baik selama musim pancaroba ini, serta melakukan perjalanan mereka dengan lancar tanpa gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Umi Nur Fadhilah

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement