Ahad 07 Apr 2024 07:49 WIB

Pekerja World Central Kitchen Terbunuh, Pekerja Kreatif Yahudi di Hollywood Terbelah

Kini, muncul kelompok pekerja kreatif Yahudi yang dukung sutradara Jonathan Glazer.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Sutradara film The Zone of Interest, Jonathan Glazer, saat menghadiri Academy Awards 2024. Dalam pidato kemenangannya, dia menyuarakan soal konflik Israel-Palestina.
Foto:

Jonathan Glazer memenangkan Oscar untuk drama Holocaust The Zone of Interest. Ia memanfaatkan momen pidatonya untuk mengkritik konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah.

Menurut Glazer, film Zone of Interest sebaiknya tidak sekadar dipahami sebagai peringatan masa lalu, namun juga dimaknai berdasarkan peristiwa yang ada hari ini. Bagi Glazer, film itu menunjukkan arah terburuk dari dehumanisasi. Pria keturunan Yahudi tersebut pun termasuk yang mengecam adanya pendudukan oleh Israel di Gaza, Palestina.

"Saat ini, kami berdiri di sini sebagai orang-orang yang menyangkal keyahudian mereka dan Holocaust dibajak oleh pendudukan yang telah menyebabkan konflik bagi begitu banyak orang yang tidak bersalah. Baik para korban peristiwa 7 Oktober di Israel, atau serangan yang sedang berlangsung di Gaza, semuanya adalah korban dehumanisasi ini," kata Glazer disambut tepuk tangan meriah di Teater Dolby, tempat penyelenggaraan Oscar.

Pidato itu mendapat reaksi publik, baik kecaman maupun dukungan. Dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan pada tanggal 18 Maret, lebih dari 1.000 pekerja kreatif, eksekutif, dan profesional Yahudi di Hollywood mengecam pidato Glazer karena dianggap menggaungkan premis kebencian dan anti-Yahudi di seluruh dunia.

Pesohor yang menandatangani surat terbuka itu di antaranya adalah aktris Jennifer Jason Leigh, Debra Messing, dan Tovah Feldshuh. Sutradara Eli Roth dan Rod Lurie, serta produser Lawrence Bender, Amy Pascal, dan Gary Gilbert juga terpantau menandatangani surat terbuka.

Sementara itu, pihak lain seperti sutradara Ken Loach turut mendukung pernyataan Glazer. Di mata Loach, pernyataan sikap Glazer itu "berani" dan "sangat berharga".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement