Jumat 05 Apr 2024 17:40 WIB

Jemur Pakaian Dalam di Depan Rumah, Bagaimana Caranya Supaya Kehormatan Tetap Terjaga?

Ada cara yang dapat membuat pakaian dalam kering dan kehormatan terjaga.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Jemuran pakaian. Pakaian dalam dapat dijemur di luar rumah, namun tidak terekspos dengan mudah.
Foto: Maxpixels
Jemuran pakaian. Pakaian dalam dapat dijemur di luar rumah, namun tidak terekspos dengan mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang ada yang meletakkan jemurannya di bagian depan rumah. Alasannya, area itulah yang terbuka dan terkena sinar matahari.

Padahal, ketika menjemur di depan rumah, pakaian seluruh anggota keluarga mudah dilihat orang lewat, termasuk pakaian dalamnya. Belum lama ini, video yang memperlihatkan seorang pria mencuri bra di jemuran tetangga viral di media sosial.

Baca Juga

Walapun itu kasuistis, namun adakah adab menjemur pakaian dalam dalam Islam? Ummi Fairuz Ar-Rahbini menjelaskan bahwa sebetulnya tidak masalah menjemur pakaian luar di depan rumah.

Ummi Fairuz pernah membahasnya dalam video yang diunggah di saluran Youtube Ummi Fairuz pada 1 Desember 2021 itu. Istri pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya, tersebut mengungkapkan sebenarnya tidak ada aturan khusus masalah menjemur.

"Hanya ya kalau sekadar pakaian-pakaian luar yang biasa kita pakai ya enggak ada masalah ya kita jemur depan rumah kalau memang lahannya adanya di situ," ujar ummi Fairuz dalam video "Adab Menjemur Pakaian Dalam-Ummi Fairuz Ar-Rahbini Menjawab" di saluran kanal Youtube Ummi Fairuz, dikutip pada Jumat (5/4/2024).

Bagaimana dengan pakaian dalam? Ummi Fairuz mengatakan barang-barang yang membutuhkan privasi lebih bagus dijemur di dalam rumah. Kalaupun kurang memungkinkan atau ada alasan lain, maka itu boleh dijemur di luar, tetapi tidak dibiarkan terekspos dengan mudah pakaian dalam.

"Jadi dahulu kita itu kalau waktu di pondok itu biasa diajari kalau masalah barang-barang privasi itu nanti digantungnya, misalnya, di dalam baju. Nanti di-capstock-nya dipasang baju gitu, itu dicantolin tengah-tengahnya. Jadi seperti itu. Jadi jemur keringnya dapat, tetapi tetap terhormat," kata ummi Fairuz.

Di sisi lain, menjemur di dalam rumah harus dilakukan dengan metode yang tepat agar baju tidak berbau apek saat sudah kering.  Inti dari pengeringan pakaian adalah proses penguapan, menurut building expert dari Halton Stairlifts, George Fired, dikutip dari laman Express.

Faktor terpenting yang perlu diperhatikan bila ingin menjemur pakaian di dalam rumah adalah aliran udara. Area menjemur pakaian di dalam rumah harus memiliki aliran udara yang baik.

Aliran udara yang buruk hanya akan meningkatkan kelembapan di area ruangan tempat menjemur pakaian. Tingkat kelembapan yang tinggi dapat mempersulit proses pengeringan pakaian saat dijemur di dalam rumah.

"(Kelembapan yang tinggi) dapat memicu terjadinya sejumlah potensi masalah seperti bertumbuhnya jamur," kata Fired.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement