Jumat 05 Apr 2024 13:53 WIB

Sutradara Ungkap Makna Ondel-Ondel yang Menemani Masa Kalut Bima dalam Dua Hati Biru

Ondel-ondel muncul pertama kali menyambut Dara yang baru pulang kuliah dari Korea.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Angga Yunanda dan Aisha Nurra Datau, saat menjumpai awak media dalam press screening film Dua Hati Biru di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (4/4/2024).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Angga Yunanda dan Aisha Nurra Datau, saat menjumpai awak media dalam press screening film Dua Hati Biru di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (4/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Angga Yunanda kembali didapuk berperan sebagai Bima dalam film lanjutan Dua Garis Biru, yakni Dua Hati Biru. Sementara lawan mainnya yang memerankan Dara adalah Aisha Nurra Datau, membawa kembali kisah Bima dan Dara yang pelik serta penuh ego pernikahan anak muda.

Di tengah konflik yang terus-menerus hadir sejak di film pertama hingga kedua, sutradara dan penulis naskah Gina S Noer tidak ketinggalan menyelipkan ondel-ondel. “Kalau (kesan) kehadiran ondel-ondel itu sih saya kembalikan lagi ke penonton,” ujar Gina saat menjumpai awak media dalam press screening di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Dalam Dua Hati Biru, ondel-ondel muncul pertama kali ketika menyambut kehadiran Dara yang baru pulang kuliah dari Korea. Kemudian ondel-ondel kembali hadir ketika Bima sedang merasa kalut, lalu menemani Bima melamun sembari menatap sungai di dekat gang rumah Bima.

Pun dalam film pertama, Dua Garis Biru, ondel-ondel juga hadir menjadi teman curhat Bima ketika Bima dilanda masalah akan kehamilan Dara. Sosok ondel-ondel terasa seperti seorang teman yang siap mendengarkan semua cerita, tetapi akan tetap bisa menjaga kerahasiaannya.

Ondel-ondel merupakan pertunjukan seni khas Betawi yang memiliki sejarah panjang dan sarat makna sakral, sehingga Gina menyerahkan interpretasi kehadiran ondel-ondel pada penonton. “Pengen aja sih (menghadirkan ondel-ondel), bisa untuk kearifan lokal, silahkan untuk dipahami masing-masing. Karena kan banyak mood-nya ya ketika berhubungan dengan ondel-ondel,” kata Gina.

Penonton bisa juga melihat ondel-ondel ini seperti sosok penjaga yang mengayomi Bima agar bisa melalui semua masalah hidupnya. Persis seperti letak ondel-ondel yang berada di dekat pintu masuk rumah adat Betawi, menggambarkan ‘guardian’ bagi rumah itu sendiri.

Film Dua Hati Biru akan tayang 17 April 2024 di seluruh bioskop Indonesia, dan akan melakukan tur promosi di sekitar Jakarta selama periode libur Lebaran, serta di berbagai kota-kota besar. Aksi Aisha Nurra Datau yang memerankan ibu muda juga sangat memukau, serta kehadiran Keanu Agl yang membuat cerita lebih ceria.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement