Rabu 03 Apr 2024 22:32 WIB

Fasilitas Kesehatan Perusahaan Bisa Tingkatkan Produktivitas Karyawan Hingga 60 Persen

Program kesehatan yang diberikan perusahaan bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

Pemeriksaan kesehatan karyawan (ilustrasi). program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60 persen.
Foto: Dok. Freepik
Pemeriksaan kesehatan karyawan (ilustrasi). program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan teknologi dinilai dapat mendorong kinerja dan kontribusi positif karyawan bagi perusahaan. Namun perlu diingat, roduktivitas yang tinggi harus dibarengi dengan perhatian dan dukungan yang memadai dari perusahaan.

Dukungan yang dimaksud di antaranya penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, ruang bagi karyawan untuk berkembang, hingga penyediaan berbagai benefit yang dapat membantu karyawan agar tetap prima secara fisik maupun mental. Studi menunjukkan, program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60 persen dan mengurangi tingkat ketidakhadiran hingga 19 persen. 

Baca Juga

Beberapa program kesehatan yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawan yakni medical check-up dan vaksinasi. Dua tindakan ini merupakan contoh program kesehatan preventif yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan. Temuan Grand View Research 2022 menunjukkan bahwa baru 26,65 persen dari total medical check-up yang dilakukan di Asia berasal dari segmen perusahaan.

Ke depan, seiring dengan peningkatan produktivitas perusahaan pascapandemi, diharapkan semakin banyak perusahaan memfasilitasi karyawan dalam terkait benefit kesehatan seperti medical check-up hingga vaksinasi.

Melalui medical check-up secara rutin, perusahaan dapat mengelola kondisi kesehatan karyawan dengan optimal, termasuk mendeteksi dini penyakit atau potensi penyakit dari karyawan sehingga dapat diantisipasi dengan cepat. Demikian juga dengan vaksinasi, yang dapat menjadi langkah penting perusahaan untuk membantu karyawan mengurangi risiko keparahan berbagai penyakit. Dengan menggabungkan kedua tindakan ini, maka kesehatan karyawan dapat dijaga dan produktivitas baik bagi karyawan maupun perusahaan dapat ditingkatkan.

Chief Operating Officer Halodoc Veronica Utami mengatakan, sejalan pentingnya menjaga kesehatan secara preventif, Halodoc menyediakan layanan Home Lab & Vaksinasi yang dapat dimanfaatkan untuk individu maupun perusahaan. “Benefit kesehatan yang bersifat preventif semakin penting bagi karyawan masa kini," ujar Veronica dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id pada Rabu (3/4/2024).

Dia menyebut, layanan ini hadir untuk menjawab pain points masyarakat seperti sulitnya mencari waktu untuk melakukan tes lab atau vaksin. Dengan teknologi, Halodoc memfasilitasi pencarian layanan kesehatan dengan petugas medis datang ke rumah atau kantor untuk melakukan pemeriksaan kesehatan maupun vaksinasi. "Hasil dari pemeriksaan akan diuji di mitra laboratorium kami, dan dapat diakses langsung melalui aplikasi Halodoc," kata Veronica.

Menurut dia, fitur layanan Home Lab & Vaksinasi untuk perusahaan menjadi salah satu fokus Halodoc. Halodoc menyediakan 18 paket medical check-up dengan 140 jenis pemeriksaan, serta berbagai macam vaksin seperti influenza, dengue, pneumonia, dan HPV, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. "Informasi terkini dapat dicek di Aplikasi Halodoc maupun www.halodoc.com secara berkala,” ujar Veronica.

Selain medical check-up dan vaksinasi, terdapat sejumlah program kesehatan lain yang dapat diberikan perusahaan sebagai fasilitas bagi para karyawannya. Beberapa program tersebut, antara lain:

● Fasilitas kelas olahraga atau gym

Hasil penelitian dalam jurnal PLOS One menunjukkan aktivitas fisik dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, penyediaan fasilitas kelas olahraga atau gym dapat membantu perusahaan mempromosikan fungsi kognitif yang lebih baik di antara karyawan. Peningkatan fungsi kognitif ini akan meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan serta kemampuan mereka untuk menuangkan ide-ide baru bagi perusahaan.

● Layanan konseling untuk kesehatan mental

Karyawan yang memiliki kesejahteraan mental yang baik biasanya lebih terfokus, kreatif, dan produktif. Dengan kehadiran layanan konseling kesehatan mental, karyawan dapat berkonsultasi dengan konselor yang dapat membantu mereka mengatasi rintangan yang mengganggu kinerja dan produktivitas mereka.

● Pemberian booster vitamin secara rutin

Berbagai jenis vitamin memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan individu dengan mengurangi risiko penyakit, terutama karena kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk dikonsumsi secara teratur adalah vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai agen anti inflamasi yang efektif dalam melawan kerusakan oksidatif, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

● Penyediaan peralatan kantor yang mendukung active lifestyle

Studi dari American Cancer Society menunjukkan keterkaitan antara durasi duduk dengan peningkatan risiko kematian dini. Oleh karena itu, penyediaan peralatan kantor seperti standing desk bagi karyawan dapat menjadi langkah preventif yang efektif. Selain itu, perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas seperti kursi pijat dan hand exerciser grip untuk mengurangi kelelahan dan menjaga kesehatan karyawan, sehingga produktivitas mereka tetap optimal.

Dengan memastikan karyawan sehat secara fisik maupun mental, maka produktivitas karyawan dapat ditingkatkan. Hal tersebut pada akhirnya dapat membantu perusahaan untuk berkembang di tengah kondisi yang semakin dinamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement