Rabu 03 Apr 2024 06:40 WIB

Makanan yang Tepat Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Makaanan sehat sebaiknya mengenyangkan dan memberikan energi lebih lama.

Sayuran dan buah-buatan merupakan makanan penting bagi tubuh. saat buka maupun sahur. (ilustrasi)
Foto: flickr
Sayuran dan buah-buatan merupakan makanan penting bagi tubuh. saat buka maupun sahur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi kesehatan masyarakat dr Ngabila Salama menganjurkan beberapa makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur atau pun berbuka puasa. Menurut dia, makanan saat sahur sebaiknya makanan yang dapat membuat perut merasa kenyang dan memberikan energi lebih lama.

1. Sup

Baca Juga

"Yang pertama itu sup, baik dari sayuran, serat ataupun daging. Selain membuat kenyang terasa lebih lama, makanan-makanan itu dapat hentikan sel-sel di perut memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh," kata Ngabila.

Makanan berjenis sup dengan kuah bening, kata Ngabila, juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

 

2. Nasi merah

"Berikutnya itu nasi merah yang memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih dan indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi atau pasta," katanya.

Indeks glikemik rendah, lanjut Ngabila, dapat membuat proses penyerapan zat gizi akan lebih lambat pada tubuh dan kenyang terasa lebih lama.

3. Kacang-kacangan 

Selanjutnya, ada kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan juga memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. 

"Contohnya kacang edamame yang dapat membuat kenyang bertahan lama," imbuhnya.

4. Telur

Selain itu, mengonsumsi telur yang dimasak matang akan menyehatkan dan membuat merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Buah

"Kemudian buah seperti pisang yang membuat kenyang lebih lama selama berpuasa karena kaya mineral seperti magnesium dan potasium," kata dia.

Makanan yang tepat dikonsumsi saat berbuka puasa... (baca halaman selanjutnya)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement