Jumat 22 Mar 2024 21:31 WIB

Cegah Remaja Tawuran, Apa yang Bisa Dilakukan Orang Tua?

Orang tua memiliki peran penting untuk mencegah tawuran antarremaja.

Tawuran remaja (ilustrasi).  Orang tua memiliki peranan penting untuk mencegah tawuran remaja.
Foto: ANTARA
Tawuran remaja (ilustrasi). Orang tua memiliki peranan penting untuk mencegah tawuran remaja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian mengingatkan, orang tua memiliki peranan penting untuk mencegah tawuran remaja yang kerap terjadi di Jakarta Utara. Orang tua dinilai perlu memiliki waktu cukup untuk memberikan pengarahan kepada anaknya. 

"Orang tua merupakan kunci agar anak terhindar dari aksi tawuran," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Utara, Komisaris Polisi Hady Saputra Siagian di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga

Hady juga meminta orang tua melakukan pengawasan kepada anak-anaknya terutama akun media sosial mereka. "Bayak undangan-undangan tawuran muncul di media sosial dan ini yang perlu kita jaga bersama agar mereka yang tawuran tidak menjadi role model anak-anak," kata dia.

Menurut dia, akun media sosial (medsos) memang dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan aksi tawuran dan menjadi ajang pamer senjata tajam yang dimiliki. "Pengawasan orang tua kepada anaknya harus ketat dan tahu kemana anak pergi. Jangan biarkan anak berkeliaran di luar saat malam hari," kata dia.

Selain itu, orang tua juga harus mengetahui teman bergaul anak-anaknya sehingga bisa menjaga dari dampak negatif. "Kami sampaikan orang tua kunci agar anak menjadi orang baik dan menjadi penerus bangsa," kata dia.

Selain itu, narkoba juga dapat menjadi pemicu anak terlibat perkelahian dan tawuran antara pemuda atau remaja. Dampak penggunaan narkoba ini bermacam dan tidak sedikit muaranya kepada tindak pidana.

Saat penggerebekan di Kampung Muara Bahari, Jakarta Utara (Jakut), ditemukan banyak narkoba jenis sabu dan alat hisap barang haram tersebut. Selain itu ditemukan senjata tajam berupa parang, samurai dan celurit yang disiapkan untuk tawuran.

"Ini menjadi peringatan bagi kita semua agar lebih peduli dan menjaga anak-anak kita agar terhindar dari aksi kriminal yang membahayakan dirinya dan masa depan mereka," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement