Selasa 19 Mar 2024 08:04 WIB

Sakit Ginjal, Betulkah Harus Pantang Makan Belimbing?

Pola makan sehat bantu jaga kesehatan ginjal.

Buah belimbing. Belimbing memiliki senyawa yang dapat menumpuk, sehingga menjadi racun bagi seseorang yang memiliki gangguan ginjal.
Foto:

Menurut Lindsay, tidak ada makanan tertentu yang berkhasiat memperbaiki fungsi ginjal. Akan tetapi, kunci dari menjaga kesehatan ginjal adalah memperbanyak buah dan sayuran dalam pola makan.

Lindsay menjelaskan, dalam buah-buahan dan sayur-sayuran terkandung serat, fitokimia, vitamin, dan mineral yang berkhasiat mengurangi beban asam dalam tubuh. Selain itu, konsumsi protein dari sumber nabati juga dianjurkan karena memiliki produk sampah dan lemak yang lebih sedikit sekaligus menjadi sumber nutrisi bagi tubuh.

Lindsay juga menyarankan untuk menghindari belimbing jika terkena penyakit ginjal. Sebab, belimbing memiliki senyawa yang dapat menumpuk, sehingga menjadi racun bagi seseorang yang memiliki gangguan ginjal.

"Dianjurkan untuk membatasi makanan olahan dan makanan restoran karena memiliki kandungan sodium, lemak, dan gula tambahan yang tinggi, tetapi makanan tersebut masih dapat dimasukkan sebagai moderasi dengan menerapkan diet seimbang," kata Lindsay.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement