Sabtu 16 Mar 2024 14:58 WIB

Studi Temukan Satu Minuman yang Menjamin Asupan Nutrisi Penting  

Jus buah 100 persen, menyumbang hingga seperempat dari asupan vitamin C.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Jus buah 100 persen, menyumbang hingga seperempat dari asupan vitamin C. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Jus buah 100 persen, menyumbang hingga seperempat dari asupan vitamin C. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian mengungkap satu minuman yang bisa memberikan kecukupan asupan nutrisi penting bagi anak-anak maupun orang dewasa. Minuman itu adalah jus buah 100 persen, yang memiliki dampak yang kecil terhadap kalori harian, namun menyumbang hingga seperempat dari asupan vitamin C.

Dikutip dari laman Gazette Live, Jumat (15/3/2024) lalu, studi baru ini merupakan analisis terhadap survei pola makan nasional di 14 negara Eropa. Berdasarkan hasilnya, asupan jus buah murni di setiap kelompok umur di seluruh Eropa memberikan kontribusi signifikan terhadap asupan harian vitamin C harian. 

Baca Juga

Nutrisi itu penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan zat besi. Penelitian menemukan bahwa jus buah memberikan empat hingga 20 persen asupan vitamin C harian pada bayi (di atas enam bulan), enam hingga 26 persen pada anak-anak, serta delapan hingga 20 persen pada remaja. 

Untuk orang dewasa, persentase asupannya sekitar delapan hingga 19 persen, serta enam hingga 19 persen pada orang dewasa yang berusia lebih tua. Penulis utama studi, Janette Walton dari Munster Technological University di Cork, Irlandia, menyarankan asupan jus buah untuk semua kalangan dan usia.

"Jus buah merupakan kontributor utama asupan vitamin C pada anak-anak dan orang dewasa. Mengingat terlalu sedikit orang yang mengonsumsi buah dan sayuran sebanyak lima kali sehari, jus buah adalah makanan yang nyaman dan bergizi dalam diet," kata Walton.

Para peneliti juga menemukan bahwa jus buah menyumbang dua persen hingga empat persen asupan kalium harian yang mendukung tekanan darah tetap normal. Manfaat lainnya adalah asupan folat harian sebanyak satu hingga tujuh persen, yang mendukung kehamilan yang sehat.

Sementara itu, gula alami dalam jus buah yang 100 persen penuh berasal dari buah, hanya menyumbang dua persen hingga 14 persen dari gula bebas dalam makanan sehari-hari. Angka itu terbilang rendah jika dibandingkan dengan 48-92 persen gula yang diperkirakan berasal dari produk yang mengandung tambahan gula seperti minuman ringan, biskuit, permen, kue, dan cokelat.   

Tidak seperti soda, nektar, atau minuman lainnya, produk jus buah 100 persen tidak mengandung tambahan gula dan tidak dapat diencerkan dengan air, jika mengacu pada aturan di Eropa. Penelitian Walton dan timnya telah diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research Review.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement