Kamis 14 Mar 2024 13:30 WIB

Cara Ritel Fashion Asal Spanyol Beradaptasi Terhadap Perubahan Iklim

Perubahan iklim telah membuat mode tidak lagi bersifat musiman.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Logo Mango
Foto: Mango
Logo Mango

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sebuah pengecer terkenal asal Spanyol, Mango, sedang mengembangkan pakaian yang dapat disesuaikan untuk membantu pelanggan menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang tidak menentu akibat perubahan iklim. Kepala Eksekutif Mango, Toni Ruiz, mengatakan bahwa perubahan iklim telah membuat mode tidak lagi bersifat musiman.

Industri pakaian biasanya mengikuti pola musiman yang jelas, tetapi dengan pemanasan global, perlu ada penyesuaian terhadap periode yang mencakup campuran suhu panas dan dingin. Ruiz menjelaskan bahwa tren yang terjadi adalah hasil dari perubahan cuaca yang tidak menentu, seperti peningkatan suhu dan hujan yang lebih sering di beberapa wilayah di Spanyol dan Eropa.

Baca Juga

“Sebelumnya, ketika Anda melewati musim panas, semua toko penuh dengan pakaian musim dingin Semakin banyak pelanggan yang mencari apa yang mereka butuhkan pada saat itu,” kata Ruiz dalam sebuah wawancara, dilansir //Reuters//, Kamis (14/3/2024).

Dengan Spanyol dan negara-negara Eropa lainnya mengalami suhu yang lebih tinggi dan pola hujan yang berubah, tren fesyen pun mengalami pergeseran. Sebagai contoh, tren jas hujan ringan di kalangan wanita telah muncul sebagai respons terhadap kebutuhan akan pakaian yang sesuai dengan perubahan musim.

Mango juga menawarkan pakaian untuk pria yang menggunakan bahan "performa" yang lebih menyerap keringat dan mampu menahan keringat di hari-hari panas. Perubahan ini tidak hanya terjadi dalam produk, tetapi juga dalam rantai pasokan. Mango telah beralih ke sumber barang-barang yang bergantung pada tren dari produsen di Eropa dan lemari pakaian fungsionalnya dari produsen di Asia.

"Kami memiliki kemampuan untuk bekerja di dua dunia paralel, tergantung kebutuhan dan sifat produknya. Saya percaya hal ini merupakan sebuah kebajikan yang perlu dilakukan saat ini di dunia yang disruptif ini,” ujar Ruiz.

Pada akhir 2023, Mango bersumber dari sekitar 3.000 pabrik di Tiongkok, Turki, India, Bangladesh, Spanyol, Italia, dan Portugal. Meskipun sekitar 40 persen pemasok Mango berlokasi di Eropa, lebih dari 80 persen volumenya masih diproduksi di Asia. Dalam mengelola rantai pasokannya, Mangga telah menggunakan fleksibilitas untuk mengatasi gangguan pengiriman, termasuk risiko pengiriman melalui Laut Merah.

Ruiz mengatakan Mango juga memfokuskan investasinya pada perluasan jumlah toko dan pengembangan teknologi. Mereka menggunakan kecerdasan buatan untuk melacak tren di media sosial dan melakukan referensi silang data konsumen dengan koleksi dan merek lainnya.

Perusahaan ini bahkan memiliki platform AI internal yang mirip dengan antarmuka ChatGPT, yang digunakan untuk melatih para desainer. Sekitar 20 produk telah dibuat dengan bantuan AI. “AI adalah pemain sayap yang hebat dalam strategi kami untuk memahami apa yang terjadi di dunia,” kata Ruiz. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement