Senin 11 Mar 2024 04:04 WIB

5 Idol K-Pop yang Pernah Diboikot Penggemarnya Sendiri

Loyalitas penggemar K-pop terhadap idolanya dapat menjadi pedang bermata dua.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop Super Junior juga sempat diboikot penggemar.
Foto:

4. Seventeen

photo
Grup K-pop Seventeen saat menerima penghargaan di acara 38th Golden Disc Awards (GDA) di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (6/1/2024). - (Dok JTBC)

Penggemar Seventeen di Korea memboikot rangkaian konser encore grup tersebut di Korea dan Jepang pada Januari tahun ini. Mereka tidak senang karena grup tersebut merayakan ulang tahun kesembilan mereka di Jepang alih-alih di Korea.

5. Aespa

photo
Aespa, girl group di bawah naungan SM Entertainment. - (Soompi)

Penggemar utama Aespa di China sempat mengumumkan boikot terhadap konten dan musik grup tersebut sebagai respons terhadap manajemen SM Entertainment. Boikot ini terjadi setelah penggemar mengungkapkan kekecewaannya terhadap perlakuan manajemen kepada Karina.

Penggemar berat Karina yang disebut Karina Bar menyatakan tidak akan membeli album maupun merchandise Aespa kalau SM Entertainment masih tidak memperlakukan Karina dengan sepatutnya, terkait keselamatannya dalam aksi panggung dan perlindungan privasinya. Karina Bar menyebut mereka akan mengalihkan dukungan ke karier solo personel Aespa yang memiliki nama asli Yu Ji Min itu saja.

photo
Karina Aespa dalam salah satu foto unggahan Instagram-nya. - (Dok katarinabluu/Instagram)

Di lain sisi, Karina juga sempat dikritik warganet asal China gara-gara mengaku menyukai dan merekomendasikan anime Jepang "My Hero Academia". Anime tersebut diboikot di China karena salah satu karakternya memiliki nama yang terkait dengan sejarah kelam Negeri Tirai Bambu tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement