Senin 11 Mar 2024 04:04 WIB

5 Idol K-Pop yang Pernah Diboikot Penggemarnya Sendiri

Loyalitas penggemar K-pop terhadap idolanya dapat menjadi pedang bermata dua.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop Super Junior juga sempat diboikot penggemar.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Grup K-pop Super Junior juga sempat diboikot penggemar.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Loyalitas penggemar K-pop terhadap idolanya sering kali menjadi salah satu kekuatan terbesar dalam industri musik. Namun, kadang-kadang, loyalitas ini juga dapat menjadi pisau bermata dua, misalnya ketika penggemar memilih untuk memboikot artis favorit mereka atas sejumlah alasan yang beragam.

Dilansir Koreaboo pada Ahad (10/3/2024), berikut adalah beberapa contoh terbaru di mana penggemar K-pop memilih untuk memboikot artis mereka sendiri:

Baca Juga

1. iKON

photo
Grup K-pop iKON. IKON menggelar konser di Indonesia pada 19 November 2023 di Tennis Indoor Senayan.- (Dok Instagram/@withikonic)

Pada 2017, basis penggemar iKON memboikot merchandise dan aktivitas yang dilakukan oleh YG Entertainment karena kekecewaan terhadap manajemen grup. Keluhan mereka termasuk jadwal yang tidak menentu, promosi yang kurang memadai, dan pembatalan acara yang sering terjadi. Boikot tersebut memaksa manajemen untuk menanggapi langsung keluhan para penggemar.

2. Super Junior

Pada 2019, penggemar Super Junior mengumumkan boikot menyeluruh terhadap grup tersebut atas permintaan untuk mengeluarkan dua anggota, yakni Kangin dan Sungmin, dari grup secara permanen. Meskipun Kangin meninggalkan grup, Sungmin masih dalam masa jeda dari aktivitas grup sejak 2015.

3. Chen (EXO)

photo
Chen EXO - (Wikimedia)

Pada 2020, Chen mengumumkan pernikahannya yang tak terduga, sehingga memicu reaksi negatif dari sebagian besar fanbase Korea. Beberapa penggemar menuntut agar Chen keluar dari EXO, yang menyebabkan boikot terhadap artis tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement