Selasa 05 Mar 2024 08:29 WIB

Lima Langkah Mindful Eating untuk Cegah Obesitas

Dalam kurun waktu 10 tahun, terjadi peningkatan obesitas yang cukup signifikan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi makan sehat. Langkah pertama yang harus dijaga untuk menurunkan berar badan adalah membatasi gula, garam, dan lemak.
Foto: Freepik
Ilustrasi makan sehat. Langkah pertama yang harus dijaga untuk menurunkan berar badan adalah membatasi gula, garam, dan lemak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan RI menyebut obesitas merupakan masalah global yang berdampak pada dua miliar penduduk dunia dan mengancam kesehatan masyarakat, termasuk di Indonesia. Dalam kurun waktu 10 tahun, terjadi peningkatan obesitas yang cukup signifikan di Indonesia dari 10,5 persen di 2007 menjadi 21,8 persen di 2018.

Obesitas sendiri sudah dinyatakan sebagai penyakit yang perlu diintervensi. Ahli Gizi dan Konten Kreator Healthy Lifestyle, Putri MJ mengatakan, langkah pertama yang harus dijaga untuk menurunkan berar badan adalah membatasi gula, garam, dan lemak. “Bisa juga menerapkan mindful eating,” ucap Putri dalam Peringatan Hari Obesitas Dunia yang diselenggarakan oleh Nutrifood di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Ia menjelaskan, mindful eating adalah makan secara sadar. Ini dapat memperbaiki hubungan seseorang dengan makanan, karena biasanya mereka yang sudah obesitas, suka merasa menyesal ketika sudah menghabiskan banyak makanan. Ada juga yang untuk pelarian ketika lagi sedih atau kesel.

“Sebenarnya, mindful eating ini juga bisa membantu kita untuk diet atau menurunkan berat badan, tanpa stress dengan diet ketat,” ucap Putri yang memaparkan lima langkahnya.

 

Pertama adalah aware. Setiap orang harus aware dengan porsi dan frekuensi makanannya. Jangan sampai terbalik, misalnya makan es krim setengah piring tapi makan sayur hanya satu scoop. Justru makan sayur lah yang harus setengah piring sementara makan es krim cukup satu scoop.

Kedua adalah in the moment. Ketika dalam suatu kegiatan tertentu, misalnya sedang nonton Netflix atau bioskop, banyak orang biasanya sambil ngemil. “Itu adalah contoh makan yang terdistraksi. Ini akan meningkatkan kalori kita, karena kita nggak tahu makanan yang kita makan ini berapa,” kata dia.

Ketiga adalah savor atau menikmati aroma, rasa, dan teksturnya. Artinya, masih banyak orang yang menang menikmati makannya hingga tidak sadar ah makan terlalu banyak dan sudah kelebihan kalori. Baik itu dalam suatu kegiatan tertentu, atau lagi menikmati makanan terenak, diri sendiri harus sadar agar tidak makan berlebihan.

Keempat adalah observe atau....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement