Senin 04 Mar 2024 10:28 WIB

Serba-Serbi Oscar Awards 2024 yang akan Digelar pada 10 Maret 2024

Film Oppenheimer memimpin dengan 13 nominasi Oscar 2024.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Piala Oscar. Berikut Serba-serbi Oscar yang akan digelar pada 10 Maret 2024.
Foto:

Trivia Oscar 2024

Emma Stone menjadi produser wanita kedua yang menerima nominasi Aktris Terbaik dan Film Terbaik di tahun yang sama. Yang pertama adalah Frances McDormand untuk Nomadland pada tahun 2021. 

Bradley Cooper adalah satu dari hanya empat aktor yang telah mengarahkan mereka ke nominasi Aktor Terbaik sebanyak dua kali. Yang lainnya adalah Laurence Olivier (yang melakukannya tiga kali), Clint Eastwood dan Warren Beatty. 

Sutradara Barbie Greta Gerwig adalah sutradara pertama, pria atau wanita, yang tiga karya penyutradaraan solo pertama mereka semuanya dinominasikan untuk Film Terbaik (Lady Bird, Little Women, Barbie).

Lily Gladstone membuat sejarah Oscar sebagai wanita Pribumi keturunan Amerika pertama yang dinominasikan untuk Aktris Terbaik. 

Martin Scorsese kini menjadi sutradara hidup yang paling banyak mendapat nominasi. Ia mendapatkan 10 nominasi, melampaui Steven Spielberg. 

Rekor lain: film tiga sutradara wanita mendapatkan nominasi Film Terbaik, yaitu Celine Song dengan Past Lives, Greta Gerwig dengan Barbie, dan Justine Triet dengan Anatomy of a Fall . Rekor ini pertama kalinya hal itu terjadi. 

 

Komposer Indiana Jones and the Dial Of Destiny John Williams telah menjadi nominasi tertua (91 tahun) dan orang yang paling banyak dinominasikan, dengan 54 nominasi selama bertahun-tahun. Hanya Walt Disney yang memiliki lebih banyak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement