Kamis 29 Feb 2024 16:10 WIB

Tes Kepribadian Cake Career Lagi Ramai Dicoba di Internet, Apa Itu?

Tes ini dibuat oleh perusahaan Cake Resume yang berbasis di Taiwan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Cake Career Personality Test. Tes kepribadian ini menjadi salah satu yang sedang ramai dicoba di internet.
Foto: Dok. Cake Resume
Cake Career Personality Test. Tes kepribadian ini menjadi salah satu yang sedang ramai dicoba di internet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tes kepribadian menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian menggunakannya untuk mendapatkan wawasan tentang sifat, preferensi, dan kecenderungan kepribadian mereka, atau sekadar seru-seruan.

Salah satu tes yang menjadi viral di dunia maya adalah tes kepribadian karier kue (Cake Career Personality Test). Dilansir Full Personality pada Rabu (28/2/2024), tes ini dibuat oleh perusahaan Cake Resume yang berbasis di Taiwan. Penilaian kepribadian yang menyenangkan ini telah membawa konsep eksplorasi karier kepada banyak orang melalui sentuhan menarik yang menghubungkan tipe-tipe kepribadian dengan berbagai rasa dan variasi kue. 

Baca Juga

Dengan pertanyaan-pertanyaan ringan dan relevan, tes ini mengurutkan para responden menjadi salah satu dari tujuh kepribadian kue. Setelah viral di media sosial di Taiwan pada 2021 dengan lebih dari 100 ribu penyelesaian, kuis ini mendapat pengakuan global sebagai Cake Career Personality Test.

Menurut situs web tersebut, model ini menggunakan versi Model RIASEC yang diadaptasi untuk menentukan minat-minat bawaan dan kecenderungan-kecenderungan kepribadian yang dapat memandu para profesional menuju peran di mana mereka akan merasa paling terlibat dan sukses. Ada tujuh kepribadian kue yang teridentifikasi dan jalur karier yang mungkin merupakan peran yang direkomendasikan dalam pencarian kerja. 

 

Kue cokelat: tipe terorganisir dan dapat diandalkan yang cocok untuk peran seperti administrasi, operasi, sumber daya manusia. 

Kue red velvet: kepribadian kreatif dan artistik yang cenderung berkembang di bidang komunikasi, pemasaran, desain. 

Kue wortel: “pemikir” analitis yang berorientasi pada detail dan tertarik pada teknik, sains, mengajar. 

Kue kopi: individu yang ramah dan energik sangat cocok untuk peran Layanan Pelanggan, Penjualan, Perhotelan.

Kue vanila: kepribadian-kepribadian santai dan menyenangkan yang sesuai dengan pekerjaan manajemen, pengajaran, nirlaba. 

Kue nanas terbalik: tipe yang memiliki banyak segi dan rasa ingin tahu tertarik pada peran generails yang mungkinkan fleksibilitas. 

Kue keju: kepribadian-kepribadian introspektif dan intelektual yang cocok untuk penelitian, ilmu perpustakaan, konsultasi. 

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kue? Menurut para desainer tes, mereka mengasosiasikan kue dengan perayaan-perayaan dan kegembiraan. Ini cara yang menyenangkan untuk mengeksplorasi kepribadian-kepribadian kita. 

Kue punya variasi serta memiliki bahan, rasa, dan tekstur berbeda yang membuatnya unik. Jadi menganalogikan kepribadian-kepribadian dengan “rasa” kue yang unik menghasilkan pengalaman penemuan diri yang berdampak. 

Meski begitu tidak ada tes yang mampu merangkum seluruh identitas lengkap seseorang. Akan ada selalu ada perbedaan kecil, kompleksitas, dan perubahan dari waktu ke waktu yang berada di luar definisi yang ditetapkan. Namun, untuk latihan pemahaman diri awal, banyak yang mendapati hasil Cake Career Personality Test mereka menawarkan wawasan berharga tentang kecenderungan-kecenderungan dan preferensi-preferensi yang mereka kenali dalam diri mereka. 

Cara mengikuti Cake Career Personality Test

Anda bisa mengunjungi situs web CakeResume dan klik tombol “Ikuti Kuis”. Anda kemudian akan diberikan 30 pertanyaan pilihan ganda yang menilai aspek kepribadian Anda seperti preferensi struktur versus fleksibilitas, bekerja sendiri atau berkolaborasi, dan tingkat-tingkat toleransi risiko. 

Pertanyaan-pertanyaannya bersifat ringan, menghindari jargon psikologis. Misalnya, Anda mungkin ditanya apakah Anda lebih suka menghabiskan Sabtu dengan membuat camilan-camilan segar atau mencicipi semua menu spesial restoran-restoran terbaru. Setelah menyelesaikan semua petunjuknya, hasil langsung dihitung dan Anda akan menerima kepribadian kue yang Anda tentukan. 

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement