Rabu 28 Feb 2024 16:06 WIB

Penderita Eksim Harus Memperhatikan Cara Mandi, Cuma Boleh Lima Menit

Penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan moisturizer.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Eczema (ilustrasi).
Foto: Freepik
Eczema (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eksim atopik merupakan penyakit kulit yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti karena genetik dan lingkungan. Pencegahan dan pengobatan eksim atopik yang utama adalah pemberian pelembab emolien secara rutin, dan harus memperhatikan cara mandi.

“Kurangi durasi mandi, batasi mandi menjadi lima menit, dan gunakan air yang tidak panas,” ungkap dokter spesialis kulit Dr Arini Astasari saat dihubungi Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Setelah mandi, jangan lupa untuk tepuk kulit (jangan digosok) sampai kering dengan menggunakan handuk, lalu berikan pelembap segera. Penderitanya juga harus menghindari alergen, iritan, dan infeksi yang dapat memicu eksim atopik ini.

Perawatan kulit merupakan hal yang paling penting dalam mencegah dan menanggulangi eksim atopik. “Cara mandi sangat penting untuk pasien atopik mengontrol penyakitnya, akan lebih baik lagi pakai cleanser yang berpelembab,” kata dia.

 

Untuk anak dengan eksim, dapat memilihkan pelembab emolien (seperti yang mengandung ceramide) dan hipoalergenik. Berhati-hati lah, sering kali orang tua membalurkan seperti minyak telon dan lainnya untuk anak, itu dapat memicu iritasi pada kulit anak dengan eksim atopik.

Hindari pemicu eksim atopik, tentukan apa yang menyebabkan masalah kulit dan hindari pemicu-pemicu tersebut. Misalnya, jika sabun atau kain tertentu tampaknya menyebabkan ruam, hentikan penggunaannya. Cobalah untuk menghindari asap rokok, debu hewan, dan serbuk sari jika itu tampaknya membuat kulit lebih buruk.

Penting untuk menjaga...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement