Senin 26 Feb 2024 18:00 WIB

Gen Z Sering Bicarakan Masalah Keuangan di Tiktok, Hati-Hati Jadi Korban Produk Influencer

Media sosial seperti Tiktok memiliki kecenderungan untuk memutarbalikkan kenyataan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Mengatur keuangan (ilustrasi). Banyak Gen Z yang membicarakan masalah keuangan di media sosial.
Foto:

Imam menyebutkan dismorfia uang adalah isu yang sangat menarik, singkatnya, ini terjadi ketika seseorang memiliki pandangan yang menyimpang terhadap keuangannya. 

“Mereka mungkin berpikir bahwa mereka lebih kaya atau lebih miskin daripada yang sebenarnya” kata Imam. 

Hal ini dapat terwujud ketika seseorang menggunakan aplikasi beli sekarang bayar nanti untuk barang-barang mewah, mereka tidak mampu meniru para influencer favoritnya, atau mungkin berarti merasa sangat cemas tentang uang sehingga Anda tidak mengeluarkan uang sama sekali.

TikTok dan media sosial lainnya telah mendemokratisasi informasi, kata Imam, sehingga membangun pengetahuan, seperti cara mengoptimalkan penggunaan kartu kredit atau menemukan rekening-rekening tabungan terbaik. Meskipun konten ini bersifat aspiratif, Imam menambahkan, namun juga dapat membuat orang merasa tidak enak.

“Lebih mudah untuk merasa lebih buruk tentang kondisi keuangan Anda ketika Anda Melihat begitu banyak influencer menggambarkan gaya hidup yang menunjukkan kekayaan, kemewahan, dan kesuksesan,” katanya. 

“Kita perlu melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan mengingatkan orang-orang bahwa banyak konten di TikTok dimaksudkan untuk menjual sesuatu kepada Anda, apakah itu bukan produk fisik, gaya hidup, atau merek.” 

Brown setuju bahwa ini adalah serangkaian hal yang berbeda. Namun secara keseluruhan, dia mendukung orang-orang yang membuka platform dan melakukan solusi-solusi crowdsourcing untuk masalah-masalah mereka. 

 

“Anda tidak pernah tahu bagian mana dari cerita Anda yang dapat membantu seseorang dalam kisahnya,” kata Brown. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement