Kamis 22 Feb 2024 14:21 WIB

Termasuk Makanan Korea Populer, Jajangmyeon Halal atau Tidak?

Jajangmyeon termasuk makanan Korea yang populer di Indonesia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Semangkuk jajangmyeon, mi saus kacang hitam khas Korea Selatan. Jajangmyeon juga populer di kalangan pecinta kuliner Korea di Indonesia.
Foto:

Tteokpokki, yang terbuat dari kue beras, harus dipastikan bahwa bahan-bahannya halal. Begitu pula dengan saus gochujang, yang proses pembuatannya melibatkan fermentasi, sehingga perlu diperhatikan dengan saksama tidak mengandung bahan-bahan haram, seperti daging babi.

Selain itu, bahan lain seperti gula cair juga harus diwaspadai karena bahan pembuatannya bisa jadi menggunakan tulang babi. Jika gula cair tersebut berwarna keruh, kemungkinan tidak mengandung tambahan lainnya. Namun, jika berwarna bening, perlu diperhatikan karena bisa saja mengandung proses pemurnian dengan campuran tulang babi.

Banyak jajanan street food Korea dijual berdampingan dengan sundae, yang merupakan sosis darah hewan sapi atau babi. Karena itu, penting bagi Muslim untuk memastikan terlebih dahulu tidak ada menu babi, bumbu masak nonhalal, maupun alkohol saat memasuki restoran Korea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement