Kamis 22 Feb 2024 14:21 WIB

Termasuk Makanan Korea Populer, Jajangmyeon Halal atau Tidak?

Jajangmyeon termasuk makanan Korea yang populer di Indonesia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Semangkuk jajangmyeon, mi saus kacang hitam khas Korea Selatan. Jajangmyeon juga populer di kalangan pecinta kuliner Korea di Indonesia.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Semangkuk jajangmyeon, mi saus kacang hitam khas Korea Selatan. Jajangmyeon juga populer di kalangan pecinta kuliner Korea di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penggemar kuliner Korea, nama-nama, seperti tteokpokki, japchae, kimbap, bibimbap, dan jajangmyeon tentu sudah akrab di telinga. Namun, bagi umat Islam, penting untuk memperhatikan kehalalan dari makanan populer tersebut.

Belum lama ini, sebuah video di TikTok dari akun @yundacint*** menunjukkan dua orang lahap menikmati jajangmyeon di sebuah restoran. Mereka tampak sangat menikmati makanan tersebut, bahkan memesan lagi untuk dibawa pulang.

Baca Juga

Mereka baru menyadari bahwa jajangmyeon tersebut dihidangkan dengan daging babi setelah bertanya kepada pramusaji. Semula, mereka mengira itu adalah daging ayam.

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pernah mengadakan diskusi tentang "Bincang Syariah: Makanan Korea, Di Mana Titik Kritisnya?" beberapa waktu lalu. Dalam diskusi di Instagram tersebut, Vemy Suryo Qushayyi S.TP (Auditor LPPOM MUI) dan Naomi Carissa Intaqta, S.TP (Spesialis Kontrol Internal LPPOM MUI) menyoroti beberapa titik kritis terkait kehalalan makanan Korea.

Korea Selatan, sebagai negara minoritas Muslim, memiliki konsumsi daging babi yang cukup tinggi, sehingga penting bagi umat Muslim untuk memastikan bahwa restoran yang mereka kunjungi tidak menyajikan menu yang mengandung babi. Vemy menyarankan agar jalan aman dalam memilih makanan Korea adalah dengan mencari logo halal dari MUI.

Hal ini dilakukan karena MUI memiliki standar yang ketat dalam menilai kehalalan suatu produk, mulai dari komposisi bahan hingga proses pembuatannya. Bahkan, komposisi tteokpokki, dengan bahan pembuatan tteok (kue beras) dan saus gochujang harus dipastikan halal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement