Ahad 18 Feb 2024 09:51 WIB

Komedian Komeng Identik dengan Kata Uhuy, dari Mana Jargon Itu Berasal?

Jargon 'uhuy' sangat melekat pada diri komedian Komeng.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Komedian Alfiansyah Komeng. Komeng dikenal dengan jargon ikonik uhuy. Jargon ini berasal dari program televisi yang mulai tayang pada 1996.
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Komedian Alfiansyah Komeng. Komeng dikenal dengan jargon ikonik uhuy. Jargon ini berasal dari program televisi yang mulai tayang pada 1996.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komeng kini menjadi sorotan atas partisipasinya dalam pemilihan anggota DPD RI dari Jawa Barat. Komeng meraih perolehan tertinggi dalam kontestasi itu. Berbicara soal Komeng, pasti tak lepas dari jargon ikoniknya, "uhuy". Tahukah kamu dari mana jargin itu berasal?

Kata "uhuy" yang melekat dalam diri Komeng berasal dari sebuah program statsiun TV bernama "Spontan". Acara yang dipandu oleh Komeng itu mulai tayang pada 6 Januari 1996.

Baca Juga

Diproduksi oleh Kharisma Starvision Plus, acara "Spontan" digagas dan disutradarai oleh seniman pantomim Septian Dwi Cahyo, yang kerap juga muncul dalam sebuah segmen berwarna hitam putih. Septian sendiri memang berpenampilan ala Charlie Caplin yang terkenal di era layar hitam putih.

Hingga tahun 2000-an, "Spontan" yang terinspirasi dari The American Home Funniest Video ini masih menjadi tontonan favorit keluarga. Mulai dari aksi pantomim Septian sebagai Den Bagus, lalu dialog antarhewan, hingga keusilan di tempat umum (sekarang disebut prank).

Acara "Spontan" termasuk acara televisi terlama yakni sampai 12 tahun di stasiun televisi SCTV. Selain Komeng, tampil juga beberapa komedian lain di antaranya Jarwo Kwat, Mpok Atiek, Kiwil, Ulfa Dwi Yanti, Peggy Melati Sukma, dan Yadi Sembako.

Acara "Spontan" berhenti tayang pada 23 Agustus 2003 namun sempat ditayangkan kembali oleh Trans TV dengan dua versi pada 8 September 2003. Versi episode terbaru diberi nama "Spontan Gress" dan versi tayangan ulang diberi nama "Spontan Pilihan".

"Spontan Gress" berhenti tayang pada 15 Desember 2005 dan "Spontan Pilihan" berhenti tayang pada 11 April 2008. Acara "Spontan" juga pernah meraih beberapa penghargaan dari Panasonic Awards yakni kategori Komedi Realitas pada 1997 dan Komedi Terfavorit. Septian Dwi Cahyo juga terpilih sebagai Sutradara Komedi Terfavorit, Ulfa Dwiyanti sebagai Pemain Komedi Terfavorit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement