Rabu 14 Feb 2024 21:58 WIB

Public Figure yang Nyoblos di Luar Negeri

Beberapa public figure Indonesia menggunakan hak pilihnya di luar negeri.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Penampilan penyanyi Putri Ariani. Putri menjadi salah satu public figure yang mencoblos di luar negeri.
Foto: Republika.co.id
Penampilan penyanyi Putri Ariani. Putri menjadi salah satu public figure yang mencoblos di luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilu 2024 tidak hanya bisa dilakukan di dalam negeri. Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di negeri orang pun dapat terap mencoblos. 

Beberapa public figure Indonesia tampak melakukan pencoblosan di luar negeri. Berdasarkan peraturan PKPU No 7 Tahun 2022, pemilu di luar negeri digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Pemilu 2024 di luar negeri diketahui dilaksanakan lebih awal atau early voting. Berikut deretan artis yang melakukan pencoblosan di luar negeri:

Baca Juga

1. Ivan Gunawan

photo
Ivan Gunawan. Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

 

Ivan Gunawan diketahui sudah melakukan pencoblosan pada Ahad (11/2/2024) saat dirinya sedang ada kegiatan di Paris, Prancis. Ivan membagikan foto jari ungunya lewat unggahan di Instagram @ivan_gunawan. 

Dia berharap pilihannya adalah yang terbaik. Desainer kondang tersebut sekaligus ingin memberikan inspirasi agar tidak golput dalam pemilu.

2. Cinta Laura 

photo
Aktris dan penyanyi, Cinta Laura Kiehl. - (Republika/Umi Nur Fadhilah)

 

Cinta Laura tampak mengikuti pemilu di Amerika Serikat. Dalam caption-nya yang ditulis di Instagram, Cinta mengaku mencoblos di Kota New York. "Nyoblos di New York, let’s go Indonesia,” tulis Cinta. 

Cinta juga sempat mengunggah video edukasi tentang bijak memilih dalam pemilu. Menurut dia, memberikan pilihan tentu penting untuk menentukan masa depan Indonesia.

3. Acha Septriasa

photo
Acha Septriasa. - (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Beberapa hari lalu, Acha Septriasa juga memamerkan potret dirinya telah memiliki tinta ungu di jari. Acha menulis caption "Pesta Demokrasi di Sydney AU" pada unggahan akun Instagram miliknya. Selama ini, Acha diketahui memang ikut tinggal di Australia bersama sang suami yang bekerja di sana.

4. Natasha Wilona

photo
Natasha Wilona.(Republika/Putra M. Akbar)

Natasha Wilona sempat membagikan momen dirinya telah melakukan pencoblosan di New York. Natasha mengaku kendati sedang berada di luar negeri, namun tidak boleh golput. Sebab perlu menggunakan hal pilih untuk memilih wakil rakyat terbaik. Lewat akun Instagram-nya, dia menunjukkan jari kelingking yang telah dicelupkan tinta ungu. 

5. Putri Ariani

photo
Putri Ariani. - (Dok Youtube AGT)

 

Penyanyi sekaligus penulis lagu, Putri Ariani memberikan hak suaranya di Oslo, Norwegia. Putri mengunggah foto dirinya yang telah mencoblos sebagai tanda warga negara yang baik untuk memberikan hak suara dalam pesta demokrasi. Menurut Putri, satu suara yang diberikan sangat berarti untuk Indonesia ke depan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement