Rabu 14 Feb 2024 17:28 WIB

Kaka Slank Harap Presiden Terpilih Dirikan Sekolah Gratis

Menurut Kaka Slank, pendidikan yang terjangkau semua kalangan amat penting.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Musisi Kaka Slank mencoblos di TPS 31 di Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Musisi Kaka Slank mencoblos di TPS 31 di Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Kaka Slank menyerukan agar presiden dan calon presiden terpilih di Pemilu 2024 bisa mewujudkan sekolah gratis. Menurut vokalis grup musik Slank itu, pendidikan yang terjangkau oleh semua kalangan amat penting.

Baca Juga

"Presiden harus bisa memberikan perhatian khusus untuk pendidikan, bikin sekolah gratis. Indonesia harus nambah banyak orang pintar, jadi peluang dibodoh-bodohin kecil," kata Kaka saat dijumpai di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 31 di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

Pria 49 tahun itu menyoroti juga aspek krusial dari kebudayaan, yang menurut Kaka perlu dianggap sebagai hal utama untuk keberlangsungan bangsa. Dalam pandangan Kaka, tidak cukup hanya mengandalkan keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia.  

Mengeklaim Indonesia memiliki aspek kebudayaan yang kuat, namun jika tidak didukung pemerintah, maka tidak akan ada hasil apa-apa. Kaka menganjurkan mencontoh Korea Selatan, di mana pemerintah fokus mendukung pop culture hingga sukses mendunia. 

"Kita yang punya budaya lebih banyak dari Korea, harusnya bisa di-support agar salah satu budaya itu mendunia. Pemerintah harus ada support," ucap musisi bernama lengkap Akhadi Wira Satriaji tersebut.

Kaka tiba di TPS menjelang pukul 12.00 WIB. Penampilannya terlihat sangat santai, dengan kaus bertuliskan "God Bless", kopiah cokelat, celana pendek, dan sandal jepit. Kaka datang bersama istrinya, Natascha Satriaji, dan putra mereka, Chaska Satriaji, yang merupakan pemilih pemula.

Kaka membebaskan Chaska mendaratkan pilihan kepada siapa pun dalam Pemilu 2024. Sebab, menurut Kaka, belajar demokrasi yang paling sederhana bisa dimulai dari rumah. Menurut Kaka, begitu Chaska menginjak usia dewasa, dia bisa mencari sendiri berbagai informasi yang tersebar luas.

Namun, Kaka dan sang istri juga tetap melakukan sharing dengan Chaska dalam berbagai hal, termasuk politik. "Sering juga, karena dia ada hal-hal (terkait politik) yang dipelajari di sekolah, di rumah balik nanya, ini apa, gimana, apa yang harus dilakukan," ungkap Kaka.

Selain Kaka, dua personel Slank lain yakni Bimbim dan Abdee juga mencoblos di TPS yang sama dengan Kaka, yakni TPS 31 yang letaknya tidak jauh dari Markas Slank. Bimbim dan keluarganya terpantau datang terlebih dahulu, disusul Kaka bersama keluarganya, lantas Abdee datang seorang diri. Sementara, Ridho dan Ivanka mencoblos di TPS berbeda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement