Selasa 13 Feb 2024 21:32 WIB

Supaya Stamina Terjaga, Apa Saja Pantangan Makan Bagi Petugas KPPS?

Masyarakat yang memiliki hak pilih juga perlu jaga kesehatannya.

Petugas PPSU membantu petugas KPPS mendistribusikan kotak suara ke tempat pemungutan suara (TPS) di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (13/2/2024). Petugas KPPS perlu menjaga staminanya.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas PPSU membantu petugas KPPS mendistribusikan kotak suara ke tempat pemungutan suara (TPS) di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (13/2/2024). Petugas KPPS perlu menjaga staminanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Besok Anda bertugas mengawal jalannya pemilihan umum? Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membagikan kiat menjaga kesehatan selama proses pemilu agar pesta demokrasi lima tahunan itu berjalan dengan lancar.

 

Baca Juga

"Bagi para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), selama menjalani tugas (agar) tidak mengonsumsi makanan pedas atau berlemak sebelum dan sesudah acara," kata Ketua Umum PB IDI dr Moh Adib Khumaidi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Dokter Adib juga mengingatkan agar malam ini petugas KPPS cukup tidur, yakni minimal 7-8 jam. Lalu, jangan lupa mengonsumsi buah atau suplemen vitamin C dan B.

"Tetap mengonsumsi obat rutin jika menderita penyakit yang mewajibkan minum obat," ujar dr Adib.

 

Agar tubuh tidak kaku, dr Adib juga mengimbau agar para petugas melakukan peregangan kepala, leher, bahu, pinggang, dan tangan di tempat duduk setiap 30-60 menit sekali. Lakukan peregangan di luar tempat duduk (sedikit berjalan dan bergantian dengan petugas lainnya) untuk melemaskan otot kaki, setiap dua jam sekali.

 

"Jangan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung soda dan alkohol, ataupun minuman berenergi, membatasi minuman dan makanan manis serta gorengan, dan rajin minum air putih agar suhu dalam tubuh tetap terjaga," kata dr Adib.

 

Dokter Adib juga menyarankan petugas KPPS agar mengenakan masker jika merasa kurang sehat sekaligus mengurangi dan menghindari asap rokok. Kenakan topi di area yang terbuka dan terpapar oleh sinar matahari.

Selain untuk petugas, dr Adib juga menyarankan beberapa hal untuk dilakukan oleh para pemilih. Salah satunya, adalah dengan mengonsumsi makanan/sarapan sebelum menuju TPS serta mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

 

"Gunakan masker bagi lansia dan ibu hamil serta bagi masyarakat yang berada dalam kondisi kurang sehat atau memiliki gejala flu, dan dianjurkan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pencoblosan," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement