Sabtu 10 Feb 2024 07:43 WIB

Pengamat: Pemerataan Bioskop Dorong Kemajuan Industri Film Nasional

Bioskop kelas menengah ke bawah dinilai dapat menjangkau masyarakat di kota kecil.

Penonton film di bioskop (ilustrasi). Pengamat menilai pemerataan bioskop akan berdampak pada jumlah penonton di Indonesia.
Foto:

Untuk itu, Hikmat menekankan pentingnya pemerataan persebaran bioskop di seluruh wilayah Indonesia untuk membuka potensi besar industri film dan meningkatkan jumlah penonton. Ini akan memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat di berbagai daerah untuk menikmati film di bioskop dan mendorong pertumbuhan industri film nasional.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat industri film nasional makin tumbuh positif sepanjang 2023, dan berhasil menyedot 55 juta penonton bioskop tanah air. Tak hanya itu, bahkan tercatat ada 20 film Indonesia yang mendapatkan lebih dari 1 juta penonton pada tahun lalu.

 

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Dessy Ruhati, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (5/2/2024), mengatakan industri film Indonesia merupakan subsektor ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat positif setelah pandemi COVID-19, dan menjadi salah satu penunjang pendapatan bagi sektor pariwisata di tanah air.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement