Kamis 08 Feb 2024 15:54 WIB

Momen Kontroversial Idol K-Pop Saat Siaran Live, Ada RM BTS Hingga Heechan NCT

Masing-masing momen siaran live idol K-pop ini memicu kontroversi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu member BTS, RM. Ada beberapa momen kontroversial saat idol K-pop melakukan siaran langsung (live), salah satunya
Foto: Dok BigHit Music
Salah satu member BTS, RM. Ada beberapa momen kontroversial saat idol K-pop melakukan siaran langsung (live), salah satunya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para idola K-pop tidak hanya menyita perhatian dari karya-karyanya, tetapi juga kehidupan pribadi mereka. Hal itu tidak terkecuali saat suatu tindakan dianggap kontroversial oleh publik. 

Meskipun beberapa momen kontroversial yang terjadi hanya spekulasi, ada pula yang diketahui sebagai fakta. Masing-masing momen tersebut memicu perdebatan di kalangan warganet karena berbagai alasan sehingga menjadikannya topik hangat saat saat live video.

Baca Juga

Berikut beberapa momen kontroversial idol ketika siaran live, dilansir laman Koreaboo pada Kamis (8/2/2024):

1. Heechul (Super Junior)

Heechul diduga mabuk saat melakukan siaran langsung (live) video dan melontarkan komentar kasar tentang Cha Eunwoo daru grup Astro. Heechul mengaku dia punya hubungan dengan Eunwoo, tetapi menyebutnya sebagai pria yang gagah. Sebutan itu secara harfiah biasa diterjemahkan sebagai laki-laki alfa, sebuah istilah yang sering kali diartikan secara negatif.

"Dia (Eunwoo) sangat tampan, tapi dia pria yang gagah," kata Heechul.

Secara khusus, warganet percaya bahwa Heechul menggambarkan Eunwoo sebagai seseorang yang kasar dan agresif. Ini ketika Heechul menyinggung Eunwoo yang bisa bersikap kasar ketika menghadapi seorang pelaku perundungan.

"Jika Anda berbicara dengannya tentang intimidasi di sekolah, dia akan lebih banyak mengumpat daripada saya. Saya mengerti mengapa dia populer, tentu saja. Dia punya image di TV, tapi jika dia mendengar tentang pembully di sekolah, dia akan berkata, 'Hyungnim, bawa baj*ngan itu ke sini', dan akan menamparnya. Dia pria yang gagah (pria Alpha) yang sangat suka berolahraga," jelas Heechul kala itu.

2. Haechan (NCT)

Haechan NCT dituduh merokok vape selama siaran langsung baru-baru ini. Selama siaran langsung, Haechan tiba-tiba keluar dari frame kamera selama beberapa detik sebelum masuk kembali.

Beberapa orang menganggap bahwa situasi saat dia live tampak mencurigakan. Warganet memperhatikan cara napas yang diambil. Namun, yang ada juga yang meyakini bahwa Haechan tidak melakukannya, karena tidak ada asap yang terlihat dan dia tidak tampak di luar layar kamera hanya sebentar.

3. Jiwoong (ZEROBASEONE)

Baru-baru ini, seorang penggemar mengunggah video call mereka dengan Jiwoong. Setelah panggilan berakhir, sang idola diduga terdengar mengatakan sh*bal atau f*ck.

"Apakah kamu biasanya mengatakan f*ck setelah berbicara dengan penggemar? Saya tidak yakin jadi saya menanyakan pendapat Zeroze lainnya," kata seorang penggemar.

Fans berbeda pendapat dalam masalah ini. Meskipun beberapa percaya Jiwoong bersalah, namun yang lain tidak. Ada yang menduga bahwa video itu juga merupakan editan. 

4. Soobin (TXT) dan Seunghan (RIIZE)

Pada 16 November lalu, sebuah video yang menampilkan Soobin TXT dan Seunghan RIIZE beredar luar. Dalam video tersebut, keduanya terlihat berbincang saat Instagram Live dengan hanya sekitar empat penonton.

Saat berbicara di layar terpisah, Seunghan bergurau dan menghina Soobin. Dia mengatakan akan menunjukkan sesuatu padanya sebelum menggunakan jari kakinya untuk meniru gerakan jari tengah. Setelah itu, mereka menerima banjir kecaman atas insiden tersebut dan bahkan membuat Seunghan hiatus untuk waktu yang tidak ditentukan.

5. RM (BTS)

Kondisi sedikit memar, namun gelap terlihat di bagian leher RM BTS selama siaran langsung. Ketika Army memperhatikannya, RM tampak mulai menutupi itu dengan tangannya sebelum akhirnya mengakhiri sesi live video. Beberapa penggemar percaya hal tersebut akibat CrossFit, namun ada juga yang tidak yakin akan hal itu.

6. Swan (Purple Kiss)

Swan menjadi sasaran komentar kebencian selama siaran langsung. Bahkan idola muda ini sengaja membaca komentar warganet yang menuliskan "Kamu jelek sekali". Swan menjawab "Kamu juga, mungkin kamu yang lebih (jelek)".

Swan juga meminta agar warganet tidak mengucapkan kata-kata buruk kepadanya. Dia hanya ingin berbicara dengan prys (penggemar Purple Kiss), bukan haters. Keberanian Swan menuai pujian, meski keseluruhan video memicu perdebatan tentang seberapa jauh seorang idola harus bertindak untuk membalas haters.

7. Lee Kyung-sil

Komedian Lee Kyung-sil (juga dikenal sebagai Lee Kyeong-shil) melontarkan komentar “haus” terhadap tubuh Lee Je-hoon yang dianggap bermasalah di kalangan penggemar K-drama. Mereka menganggap komentar tersebut merupakan pelecehan seksual dan bentuk humor yang ketinggalan zaman.

"Anda bisa meneteskan air ke dadanya. Minumlah air suci itu. Ini adalah sistem penyaringan air yang benar-benar baru," ujar Lee Kyung-sil. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement