Rabu 07 Feb 2024 08:00 WIB

Long Weekend Ini Mau Pergi Berlibur, Usia Berapa Bayi Boleh Diajak Naik Pesawat?

Aturan bayi dalam penerbangan telah disebutkan oleh IATA.

Bayi menangis di pesawat. Konsultasikan dengan dokter anak sebelum mengajak bayi melakukan perjalanan dengan pesawat.
Foto: Shutterstock
Bayi menangis di pesawat. Konsultasikan dengan dokter anak sebelum mengajak bayi melakukan perjalanan dengan pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang long weekend, sebagian keluarga bersiap untuk pergi berlibur. Bagi keluarga muda yang baru dikaruniai keturunan, kapan waktu yang aman untuk membawa bayi naik pesawat terbang?

"Bayi bisa naik pesawat setelah umur 48 jam, tetapi lebih baik lewat tujuh hari," jelas dokter spesialis anak Martinus M Leman.

Baca Juga

Catatannya, bayi harus dalam kondisi sehat. Bayi dapat diajak bepergian dengan pesawat selama tidak ada penyakit bawaan seperti jantung.

"Kalau ada penyakit jantung harus siap dengan suplementasi oksigen," kata Martinus dalam simposium Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang diikuti secara daring di Jakarta beberapa waktu lalu.

 

Martinus menjelaskan peraturan tersebut sebetulnya telah disebutkan pada Asosiasi Perjalanan Udara Internasional atau International Air Travel Association (IATA). Namun, ia mengingatkan kepada orang tua untuk tetap meningkatkan kesadaran dengan berkonsultasi dengan dokter anak sebelum mengajak bayi melakukan perjalanan dengan pesawat.

 

"Perlu konsultasi dengan dokter anak sebelum terbang, selain itu juga konsultasi dengan maskapai untuk menyediakan oksigen tambahan," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement