Jumat 02 Feb 2024 20:54 WIB

Berkendara Saat Musim Hujan, Ini Perlengkapan yang tak Boleh Dilupakan Pengendara

Berkendara pada musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara.

Pengendara motor memakai jas hujan saat hujan (ilustrasi). Ada beberapa perlengkapan yang sebaiknya tak dilupakan pengendara saat musim hujan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengendara motor memakai jas hujan saat hujan (ilustrasi). Ada beberapa perlengkapan yang sebaiknya tak dilupakan pengendara saat musim hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkendara saat musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara. Selain kondisi jalan yang licin, hujan dapat menyebabkan visibilitas menjadi terbatas.

Untuk itu, penting bagi pengemudi untuk memastikan kendaraannya selalu dalam kondisi prima agar dapat tetap berkendara dengan lebih aman.

Tokopedia melalui rilisnya membagikan lima rekomendasi aksesori lokal untuk berkendara mobil dan motor saat musim hujan agar lebih aman dan nyaman:

Baca Juga

1. Pastikan memiliki helm sesuai SNI dan siapkan ban cadangan

Aksesori keselamatan seperti helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib dimiliki pengendara motor. Aksesori keselamatan itu dapat membantu pengendara agar tetap aman di jalan raya, bahkan saat kondisi hujan yang deras.

Masyarakat dapat memiliki helm SNI dari berbagai brand lokal, seperti Cargloss.

 Bagi pengendara mobil, ban cadangan wajib disediakan dalam bagasi sebagai antisipasi jika terjadi kebocoran. Pastikan tekanan angin ban mobil dalam kondisi ideal sebelum mengemudi.




2. Siapkan kain lap mikrofiber dan wiper untuk menjaga kebersihan kendaraan

Selain bermanfaat untuk menjaga keselamatan, kain lap dan wiper menjadi dua aksesori penting untuk menjaga kebersihan kendaraan.
Pemilihan jenis kain lap mobil maupun motor juga penting untuk diperhatikan.

Pilihlah kain lap dengan bahan microfiber yang cenderung lembut dan tidak mudah menggores permukaan kaca atau body mobil maupun motor. Jangan lupa mengganti karet wiper secara berkala agar tetap elastis dan dapat membersihkan air hujan dengan efektif.
Masyarakat bisa mendapatkan wiper dan kebutuhan kebersihan untuk kendaraan dari berbagai brand lokal, termasuk Carinn Store dan Nanotech Protection.




3. Pakai stiker atau semprotan antikabut untuk menjaga visibilitas saat berkendara

Stiker atau semprotan anti kabut bisa juga merupakan contoh aksesori kendaraan yang sangat bermanfaat saat musim hujan.
Stiker atau cairan semprotan antikabut biasanya memiliki lapisan khusus yang dapat mengurangi atau mencegah terbentuknya embun pada permukaan kaca kendaraan sehingga dapat memastikan visibilitas yang lebih baik.
Terdapat berbagai pilihan stiker atau semprotan anti kabut buatan brand lokal untuk kaca helm atau kaca mobil, seperti Oxide.

4. Siapkan jas hujan atau payung

Bagi pengendara motor, pilihlah jas hujan yang ukurannya sesuai dengan tubuh untuk melindungi diri dari air hujan dan hindari menggunakan jas hujan model ponco dengan ukuran yang terlalu panjang.

Bagi pengendara mobil, disarankan untuk selalu menyediakan payung di bagasi mobil, apalagi saat musim hujan.



Berbagai jenama lokal pembuat jas hujan tersedia di toko daring, salah satunya Respiro asal Madiun.
Ada juga brand lokal asal Bandung, Ame Raincoat yang menawarkan jas hujan dan jaket parka yang sangat fungsional sekaligus mendukung style naik motor tetap fashionable di tengah hujan.




5. Perhatikan kampas rem, busi motor dan aksesori performa kendaraan

Pastikan performa kendaraan selalu terjaga, terutama saat musim hujan, dengan rutin memeriksa kondisi aksesori atau perlengkapan kendaraan. Berbagai perlengkapan yang perlu dicek di antara lain adalah kampas rem hingga busi motor.



Pilih kampas rem dengan daya pengereman yang lebih baik, ketahanan yang lebih tinggi dan responsivitas yang lebih baik. Performa kampas rem yang baik umumnya terbuat dari bahan yang lebih keras dan tahan panas. Masyarakat dapat membeli kampas rem motor di berbagai brand lokal di Tokopedia, salah satunya Kyta Store.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement