Jumat 02 Feb 2024 15:57 WIB

Pasangan Usia Subur Perlu Lakukan Perencanaan Kehamilan, Pasang KB Setelah Anak Lahir

Memakai KB setelah melahirkan penting untuk kesehatan ibu dan anak.

Ibu hamil memperlihatkan foto USG janinnya. Pasangan usia subur harus melakukan perencanaan kehamilan agar dapat melahirkan generasi penerus yang sehat.
Foto:

Nida juga memaparkan masih banyaknya perempuan yang terlalu dini menikah (di bawah 20 tahun), terlalu tua masa kehamilan (di atas 35 tahun), terlalu banyak anak (lebih dari dua), serta terlalu dekat jarak kehamilan (dari anak pertama kurang dari dua tahun). Untuk itu, ia menyebut pentingnya suami-istri untuk segera menggunakan kontrasepsi (KB) setelah kelahiran anak pertama.

"Menggunakan kontrasepsi setelah melahirkan harus segera ditingkatkan untuk menjarangkan kehamilan, karena upaya meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak ini harus dilaksanakan secara komprehensif dan mencakup seluruh siklus kehidupan," tuturnya.

Nida juga mengemukakan, intervensi kesehatan ini tidak dapat dilakukan hanya pada kelompok ibu hamil dan anak saja. Itu harus dilakukan jauh sebelumnya, mulai dari calon pengantin, wanita pekerja usia subur, hingga pasangan usia subur sudah harus melakukan persiapan-persiapan untuk dirinya sendiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement