Senin 29 Jan 2024 21:50 WIB

Dikenal Jenius, Ini Sederet Aturan Nyeleneh Christopher Nolan Saat Syuting

Nolan melarang kursi di set syuting film dan penggunaan ponsel pintar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Sutradara Christopher Nolan. Nolan menerapkan aturan nyeleneh selama syuting filmnya.
Foto: AP
Sutradara Christopher Nolan. Nolan menerapkan aturan nyeleneh selama syuting filmnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejeniusan hadir dalam berbagai bentuk. Bagi sutradara Christopher Nolan, misalnya, keahlian yang luar biasa sebagai pembuat film diwujudkan melalui serangkaian aturan yang terbilang aneh.

Bahkan menurut standar sutradara film, gaya Nolan dianggap cukup eksentrik dan ketat. Film box office dan sensasi kritis tahun 2023, Oppenheimer, yang disutradarai Nolan berhasil dinominasikan untuk 13 Academy Awards, termasuk kategori Sutradara Terbaik.

Baca Juga

Nolan telah telah membuat banyak film favorit abad ke-21. Film-film Nolan sangat imajinatif, terus-menerus mendorong formalisme bentuk seni. Tetapi rupanya sutradara fenomenal tersebut punya keunikan dari gaya penyutradaraan dirinya selama ini.

Berikut deretan aturan Nolan di lokasi syuting, seperti dilansir dari Collider, Senin (29/1/2024).

 

1. Tidak pakai ponsel pintar

Sejak ia me-reboot Batman untuk layar lebar pada tahun 2005 dengan Batman Begins, penonton antusias menantikan film Nolan berikutnya. Baik itu sekuel Batman yang familiar namun memukau dalam The Dark Knight, ataupun pengembaraan emosional di Inception dan Interstellar, filmografi Nolan selalu dinanti.

Christopher Nolan tidak memiliki ponsel pintar atau alamat email. “Saya mudah teralihkan sehingga saya tidak terlalu ingin memiliki akses internet setiap kali saya bosan,” kata Nolan kepada Majalah People pada tahun 2020. 

Film Nolan terkenal tanpa CGI dan berspesialisasi dalam efek praktis. Daripada mengirimkan naskah secara digital ke aktornya melalui email, dia bertemu langsung dengan mereka. Dia terbang ke Irlandia untuk menyerahkan naskah ke Cillian Murphy, yang akan berperan sebagai fisikawan tituler, naskah untuk Oppenheimer, dan menunggu dia selesai membaca. Sutradara menghargai keintiman dan privasi dari proses casting yang rumit. 

Kekuatan interaksi tatap muka memberdayakan Robert Downey Jr. untuk menerima peran Lewis Strauss. Daripada pepatah "38 panggilan telepon", seperti yang dikatakan Downey kepada The Hollywood Reporter, yang biasanya terjadi selama casting, dia bertemu dengan Nolan di rumah sutradara di Los Angeles. 

Nolan menjelaskan kebijakan ini menjadi....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement