Ahad 28 Jan 2024 22:04 WIB

Mengenal Swamening, Kuliner Khas Papua dari Daun Singkong

Di daerah asalnya, swamening dimasak di atas tembikar tanah liat.

Petani memanen sayuran daun singkong.
Foto:

Setelah bahan tercampur, alasi teflon anti lengket dengan daun pisang, letakkan daun ubi atau daun singkong sampai menutupi daun pisang. Lalu, tata campuran wortel dan sagu tadi di atasnya, dan tutup kembali dengan daun singkong lalu daun pisang di atasnya. Tutup teflon dan panaskan dengan api besar.

 

Saat daun pisang mulai mengeluarkan wanginya, tambahkan air matang satu sendok makan dan tunggu lagi hingga semua bahan matang sempurna. Proses masak swamening hingga matang hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Selain mudah dan cepat, swamening juga mengenyangkan.

 

Swamening merupakan jenis makanan utama yang dapat dimakan langsung atau dengan tambahan protein lain, seperti ikan. Swamening juga tergolong makanan sehat karena kaya akan serat dan banyak menggunakan sayur, serta sagu yang baik untuk pencernaan.

 

Swamening tidak menggunakan minyak sama sekali sehingga sehat untuk dikonsumsi harian. Pada resep asli swamening, masyarakat kerap menggunakan air laut sebagai perasa atau garam yang dibuat sendiri dari pohon sagu yang dipotong bagian bawahnya.

 

"Ada keunikan juga beberapa suku yang ngerti buat garam, yaitu pohon sagu paling bawah yang kena air, itu dibakar itu dapat kristal asin seperti garam, warnanya hitam," kata Ragil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement