Sabtu 27 Jan 2024 16:28 WIB

Gandeng UMKM, Relawan Kawan Gibran Berbagi Makan Siang Gratis di Bekasi

Kegiatan berbagi makan siang gratis akan digelar relawan Kawan Gibran secara rutin.

Program makan siang gratis menggandeng UMKM kembali dilaksanakan relawan Kawan Gibran. Kali ini, digelar di daerah Mangun Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/1/2024).
Foto: Dok. Istimewa
Program makan siang gratis menggandeng UMKM kembali dilaksanakan relawan Kawan Gibran. Kali ini, digelar di daerah Mangun Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program makan siang gratis menggandeng UMKM kembali dilaksanakan relawan Kawan Gibran. Kali ini, digelar di daerah Mangun Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/1/2024).

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya dilakukan di salah satu warung makan, kali ini juga di rumah warga. Acara makan siang gratis yang diprakarsai Kawan Gibran ini dihadiri 250 orang.

Baca Juga

Wakil Koordinator Nasional Relawan Kawan Gibran Irfan Ahmad Fauzi mengatakan bahwa kegiatan makan siang gratis ini akan terus dilakukan secara rutin. Dia berharap, kegiatan ini dapat terus bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. 

"Kami akan terus melakukan kegiatan sosial seperti ini secara rutin. Kami berharap kegiatan ini dapat terus bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan pemilik warung makan," ujar Irfan.

Irfan juga menambahkan, selain sejalan dengan program dari Prabowo-Gibran, tujuan kegiataan ini adalah untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang kesulitan ekonomi. 

"Semoga makan siang gratis ini dapat membawa kebahagiaan dan sedikit bantuan untuk meringankan beban mereka," kata Irfan.

Sejak pukul 10 pagi, warga sekitar mulai berdatangan untuk menikmati makan siang gratis yang diselenggarakan oleh relawan Kawan Gibran. Semua hidangan tersebut disiapkan dengan penuh keceriaan oleh relawan yang bersemangat memberikan bantuan kepada sesama. Tak hanya menyediakan hidangan lezat, acara ini juga menjadi momen berbagi. 

Acara makan siang gratis ini merupakan salah satu kegiatan sosial yang dilakukan oleh Relawan Kawan Gibran. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan, juga menstimulasi tumbuhnya usaha kecil dan menengah (UMKM) terutama di bidang kuliner. 

Menu makanan yang disediakan pada acara ini antara lain nasi, ayam bakar, tempe, tahu, dan lalapan. Selain itu, juga disediakan minuman berupa teh manis dan air mineral.

"Terima kasih banyak atas makan siang gratis ini. Ini benar-benar membantu keluarga saya dan warga di sini. Semoga Relawan Kawan Gibran selalu diberikan keberkahan," ujar salah satu warga, Lasino.

Selain Lasino, warga lain yang hadir, Ibu Ani, mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya makan siang gratis ini, terutama untuk memimalisir pengeluaran keluarga. 

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa mengikuti acara ini. Makan siang gratis ini sangat membantu saya dan keluarga, apalagi kami pekerja serabutan" ujar Ani.

Tak hanya warga yang merasa terbantu, relawan juga merasakan kebahagiaan tersendiri. Mereka mengaku senang dapat berkontribusi positif dalam membantu sesama, dan harapannya acara seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk berbuat kebaikan.

Selain itu pelaku UMKM juga mengaku senang dan memberi apresiasi atas kegiatan yang dipaksakan Relawan Kawan Gibran ini. 

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan yang ditunjukkan oleh Kawan Gibran ini bisa membantu usaha kami dan warung lainnya. Semoga dapat menjadi contoh positif bagi yang lain," kata salah satu pemilik warung, Kosim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement