Jumat 26 Jan 2024 10:38 WIB

Profil Scooter Braun, CEO Hybe Amerika yang Dikecam Fans K-Pop

Pada 2021, Scooter Braun menjual perusahaannya kepada agensi BTS, Hybe.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
CEO Hybe Amerika, Scooter Braun. Fans K-pop menuntut agar Hybe memecat Braun menyalahkan dukungannya terhadap serangan udara IDF yang terus menerus atas krisis kemanusiaan di Gaza.
Foto: AP
CEO Hybe Amerika, Scooter Braun. Fans K-pop menuntut agar Hybe memecat Braun menyalahkan dukungannya terhadap serangan udara IDF yang terus menerus atas krisis kemanusiaan di Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — CEO Hybe Amerika Scooter Braun dianggap secara terang-terangan mendukung Israel dengan datang langsung ke Tel Aviv pada Desember 2023. Sebelum ramai kecaman dari fans K-pop, sosok Braun sudah cukup kontroversial di kalangan musisi Amerika Serikat.

Braun terkenal karena "menemukan" Justin Bieber ketika berusia 12 tahun yang melakukan cover lagu di YouTube sebagai calon penyanyi. Selain mengelola Bieber, perusahaan hiburan dan pemasarannya, SB Projects, mewakili artis-artis seperti Black Eyed Peas, Ava Max, Tori Kelly, dan Carly Rae Jepsen.

Baca Juga

Pada 2013, Ariana Grande menandatangani kontrak dengan perusahaan manajemen Braun. Meskipun dia sempat dipecat oleh penyanyi tersebut pada 2016, mereka kemudian bersatu kembali. “Hal ini membuat saya tahu bahwa saya bisa dipecat, saya belum pernah dipecat sebelumnya,” kata Braun saat itu.

Demi Lovato menandatangani kontrak dengan SB Projects pada 2019, meskipun dia dilaporkan telah keluar begitu pula Ariana Grande. Keluarnya dua solois perempuan itu dari SB Projects pada pekan yang sama menimbulkan pertanyaan tentang waktu keluarnya kedua artis tersebut. Sebuah sumber yang dekat dengan situasi tersebut mengatakan kepada Billboard bahwa sudah waktunya bagi Lovato untuk mengambil arah yang baru, meskipun dia bersyukur atas waktunya dengan SB Projects. 

Tidak banyak yang mengetahui alasan Grande memilih berpisah dari Braun setelah awalnya menandatangani kontrak dengan perusahaan manajemennya pada 2013, dan tidak ada rincian yang dipublikasikan. Namun, seorang sumber mengatakan kepada Variety bahwa mereka akrab tetapi Grande sudah melampaui batasnya dan bersemangat untuk pergi ke arah yang berbeda.

Kepergiannya terjadi beberapa pekan setelah rumor beredar bahwa Justin Bieber juga meninggalkan Braun, meskipun perwakilan kedua belah pihak membantah laporan tersebut ketika dimintai komentar oleh Billboard. Selain spekulasi tersebut, artis Reggaeton Kolombia J Balvin juga mencopot Braun sebagai manajemen pada Mei 2023 dan menandatangani kontrak dengan Roc Nation. 

Selain perannya dalam menemukan Justin Bieber, Braun mungkin paling dikenal karena perselisihan publiknya dengan Taylor Swift. Manajer tersebut telah memiliki master untuk enam rekaman pertama Swift sejak dia membeli mantan label rekamannya, Big Machine, pada Juni 2019.

Swift juga telah merekam Taylor's Versions baru yang definitif dari album-album sebelumnya, dalam upaya untuk merendahkan master Braun dan mengambil kembali kendali atas karyanya. Dalam postingan Tumblr yang ditulis pada 30 Juni 2019, Swift menuduh Braun telah melakukan penindasan manipulatif yang tiada henti.

“Scooter telah melucuti pekerjaan hidup saya, sehingga saya tidak diberi kesempatan untuk membelinya. Pada dasarnya, warisan musik saya akan berada di tangan seseorang yang mencoba membongkarnya,” kata Swift saat itu.

Menjual perusahaannya kepada Hybe

Pada 2021, Scooter Braun menjual perusahaannya Ithaca Holdings ke Hybe, perusahaan musik yang sebelumnya dikenal sebagai Big Hit Entertainment, yang mengelola superstar K-Pop seperti BTS, TXT, dan Seventeen.

Braun sekarang duduk di dewan Hybe sebagai CEO Hybe Amerika. Dia dikabarkan menjual 68.500 saham perusahaan tersebut (dengan nilai sekitar 14,15 juta dolar AS) pada Juni 2023.

Di tempat lain, Hybe sempat menjadi kontroversi saat munculnya kabar perpecahan mendadak BTS pada 2022. Menurut Harian Ekonomi Korea kala itu, tiga karyawan anonim Hybe dituduh melakukan perdagangan orang dalam, setelah diduga melepas saham perusahaan menjelang pembubaran BTS dan go public.

“Badan Pengawas Keuangan (FSS) mengatakan bahwa tiga karyawan yang tidak disebutkan namanya menghindari kerugian total sebesar 230 juta won (174 ribu dolar AS) dengan melepas stok sebelum berita tentang rencana peluncuran karier solo BTS,” tulis berita itu. 

Kabar perpecahan BTS membuat saham Hybe sempat anjlok 24,8 persen. FSS menuduh karyawan Hybe melanggar undang-undang pasar modal. Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul pada September 2023 telah meluncurkan penyelidikan di tengah spekulasi munculnya berita perpecahan BTS.

Seperti diberitakan sebelumnya, fans K-pop di internet menyuarakan boikot terhadap empat agensi besar Korea yakni Hybe, SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Meskipun warganet menargetkan keempat perusahaan, Hybe terus mendapat kritik berlanjut dengan tagar #HYBEDivestFromZionism yang menjadi tren.

Dilansir Koreaboo pada Jumat (26/1/2024), beberapa alasan yang dikemukakan warganet termasuk ketidakresponsifan Hybe terhadap permintaan maaf salah satu artisnya, Jake Enhypen, yang meminum Starbucks selama siaran langsung.

Puncak kritik ditujukan kepada Scooter Braun, yang telah lama dianggap kontroversial. Braun, yang diangkat menjadi CEO Hybe Amerika pada 2021, telah secara terbuka mendukung Israel. Pada Desember 2023, dia bahkan mengunjungi wilayah tersebut, bertemu dengan tentara IDF, dan berbicara di Tel Aviv.

Penggemar K-pop menuntut agar Braun dicopot dari posisinya di Hybe dengan menyalahkan dukungan Braun terhadap serangan udara IDF yang terus menerus atas krisis kemanusiaan di Gaza. Kritik mencapai puncaknya dengan lebih dari 22 ribu warga Palestina yang tewas dan ribuan lainnya kehilangan kebutuhan pokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement