Ahad 21 Jan 2024 21:52 WIB

Jin BTS Bahas Usia Debut Idol K-Pop, Makin ke Sini Makin Muda?

Komentar Jin BTS memicu perbincangan dan banyak yang setuju.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Jin BTS. Jin berbicara mengenai usia debut idol yang makin ke sini terlalu muda.
Foto: Dok. Instagram/@jin
Jin BTS. Jin berbicara mengenai usia debut idol yang makin ke sini terlalu muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Member tertua BTS, Jin, pernah membalas komentar seorang penggemar tentang mencoba masuk ke industri K-pop. Hal tersebut membuat para penggemar mendiskusikan usia idola K-pop saat ini untuk debut. 

Dilansir Koreaboo, Ahad (21/1/2024), seorang penggemar telah mengikuti audisi untuk banyak perusahaan K-pop yang berbeda, tetapi belum beruntung bisa lolos dari salah satu perusahaan tersebut. Dia mengungkapkan perusahaan-perusahaan itu mengatakan kepadanya bahwa dia terlambat mencoba memasuki industri ini, meskipun faktanya dia lahir pada 2003, sehingga dia baru berusia 17 atau 18 tahun pada saat komentarnya dibuat. 

Baca Juga

Di era K-pop generasi ketiga dan awal generasi keempat, hal ini sepertinya tidak akan menjadi masalah sama sekali. Ada banyak idola K-pop sukses yang masih aktif hingga saat ini, seperti  Irene, Wendy, dan Seulgi dari Red Velvet, Solar dan Moonbyul dari MAMAMOO, Taeyong, Doyoung, Yuta, dan Taeil dari NCT, serta bahkan Suga dari BTS, J-Hope, dan Jin sendiri, yang debut antara usia 19-21 tahun. 

Itu menunjukkan bahwa seorang idola bisa sukses meski kariernya baru dimulai setelah mereka dewasa. Secara khusus, Irene memulai debutnya ketika dia berusia 23 tahun.

Namun belakangan ini, beberapa idola debut di usia yang sangat muda. Misalnya, Jian LIGHTSUM, Mire TRI.BE, dan Haruna Billie semuanya lahir pada tahun 2006, menjadikan mereka semua baru berusia 15 tahun atau lebih muda pada saat debut mereka. Banyak anggota dari grup ini dan grup pendatang baru lainnya yang lahir pada tahun 2005 atau 2004, yang berarti bahwa mereka kemungkinan besar memulai masa pelatihannya pada usia praremaja atau lebih awal. 

Agensi P Nation dikritik karena usia para trainee di grup laki-laki mendatang mereka, termasuk salah satu anggotanya, Kiko, yang lahir pada tahun 2009, membuatnya baru berusia 12 tahun selama pertunjukan. Beberapa kontestan acara kompetisi My Teenage Girl juga berusia 10 hingga 12 tahun. Baru-baru ini, Universe Ticket mengumumkan delapan anggota yang akan tergabung dalam grup UNIS, dan grup tersebut termasuk seorang anak berusia 12 tahun, Seowon, serta dua anak berusia 14 tahun.

Tanggapan Jin BTS terhadap komentar dari penggemar menunjukkan bagaimana perasaannya tentang usia yang tampaknya semakin berkurang di mana anak-anak diperbolehkan untuk mulai menjadi trainee dan debut di K-pop. “Saya masuk pada usia 20 tahun. Tapi, menurutku anak-anak sekarang ini mulai terlalu muda,” kata Jin. 

Prihatin dengan usia muda idol...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement