Sabtu 20 Jan 2024 12:51 WIB

Deretan Bintang Ini Bantu K-Pop Kuasai 20 Persen Billboard

Album-album yang menguasai Billboard bukanlah album baru.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Grup K-pop Stray Kids. Album mereka Rock-Star menjadi album peringkat tertinggi di Top Album Sales Billboard.
Foto: Dok.JTBC
Grup K-pop Stray Kids. Album mereka Rock-Star menjadi album peringkat tertinggi di Top Album Sales Billboard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya penyanyi dan grup musik sangat populer yang biasanya meramaikan tangga lagu Top Album Sales dari Billboard. Di tengah persaingan yang ketat ini, pengaruh besar dari sejumlah musisi di Korea Selatan berhasil membuat K-pop menguasai 20 persen tangga lagu tersebut.

Tangga lagu Top Album Sales dari Billboard hanya memperhitungkan jumlah penjualan album di Amerika Serikat. Perhitungan ini berbeda dari tangga lagu Billboard 200 yang juga memperhitungkan aktivitas streaming.

Baca Juga

Seperti dilansir Forbes, saat ini ada sejumlah album K-pop yang mendominasi 20 persen tangga lagu Top Album Sales dari Billboard. Uniknya, album-album ini bukanlah album yang baru dirilis, melainkan album-album yang sudah relatif lama dirilis dan masih digandrungi oleh penggemar.

Pada pekan ini, album K-pop dengan peringkat tertinggi dalam tangga lagu Top Album Sales adalah Rock-Star dari Stray Kids. Album ini berada di peringkat dua, setelah album 1989 (Taylor's Version) dari Taylor Swift.

Album K-pop lainnya yang berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar Top Album Sales dari Billboard adalah The World EP Fin: Will dari Ateez. Album yang pernah bertengger di peringkat 1 ini sekarang tak tergoyahkan di peringkat kesembilan.

Di peringkat kesebelas ada album Golden dari Jungkook yang baru dirilis pada 3 November 2023. Menyusul Golden, di urutan ke-12 ada Orange Blood dari Enhypen.

Lalu di urutan ke-15 ada album The Name Chapter: Freefall dari Tomorrow X Together atau TXT. Girl group populer NewJeans juga turut meramaikan Top Album Sales di peringkat ke-16 dengan album Get Up milik mereka.

Di samping itu ada....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement