Kamis 18 Jan 2024 18:03 WIB

Rata-Rata IQ Masyarakat Indonesia Rendah, Asupan Gizi Jadi Salah Satu Penyebabnya

Salah satu penyebab IQ rendah terkait dengan asupan gizi yang diperoleh.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Friska Yolandha
Pengunjung membaca buku di Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Jawa , Sela Tingkat kecerdasan intelektual atau IQ masyarakat Indonesia masih berada di urutan belakang di antara negara ASEAN.
Foto:

Hal itu menunjukkan, IQ orang Indonesia tergolong rendah di level dunia. IQ merupakan taraf kecerdasan yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran hingga menyelesaikan masalah. Kemampuan itu di antaranya adalah intelektual, logika, matematis, strategis dan analisis.

"Dan menurut The Bachelor of Adult Intelligence Scale dan Stanford-Binet score IQ rata-rata berada di antara 90 sampai dengan 109. Di atas angka tersebut dianggap score IQ-nya tinggi dan di bawah angka tersebut dianggap rendah. Sedangkan untuk score di bawah 70 berarti ada kendala perkembangan atau ketidakmampuan belajar," kata Teguh, Kamis (21/12/2023).

Jadi, kata dia, kalau melihat rata-rata IQ artinya rata-rata IQ masyarakat Indonesia jauh di bawah IQ normal dan itu menjadi sebuah tantangan besar bagi kita semua di masa depan. Sebab itu, program penurunan stunting adalah bentuk nyata komitmen pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berdaya saing.

 

"Salah satu upaya komitmen pemerintah adalah mempersiapkan SDM unggul berdaya saing melalui pencegahan stunting dengan menggalakkan upaya intervensi baik spesifik maupun secara sensitif, perbaikan gizi dan faktor-faktor lingkungan lain yang sangat berpengaruh," ujar Teguh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement