Jumat 12 Jan 2024 16:05 WIB

Apa Kata BTS Soal Idola yang Bukan Orang Korea dalam Industri K-Pop?

Penyanyi dari negara lain juga ada yang bergabung ke grup K-pop.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
BTS menerima penghargaan Artist of the Year di MAMA Awards 2018. BTS komentari grup K-pop dengan anggota penyanyi dari negara lain.
Foto: Dok. MAMA/Mnet
BTS menerima penghargaan Artist of the Year di MAMA Awards 2018. BTS komentari grup K-pop dengan anggota penyanyi dari negara lain.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Grup idola Korea Selatan yang mendunia, BTS, membagikan pandangan mereka tentang batasan K-pop dalam sebuah wawancara terbaru. Dalam beberapa tahun terakhir, pertanyaan seputar apa yang termasuk dalam kategori K-pop telah memicu perdebatan di kalangan penggemar dan industri musik.

Dilansir Koreaboo pada Jumat (12/1/2024), leader BTS, RM, menjawab pertanyaan tersebut dengan mengakui bahwa dia sering kali ditanya tentang definisi K-pop, bahkan di luar negeri. Menurut dia, saat pertama kali menghadiri Billboard Music Awards pada 2017, K-pop bisa didefinisikan sebagai kombinasi elemen seperti video musik, suara, koreografi, visual, dan komunikasi media baru.

Baca Juga

Namun, ketika wawancara ini diulang pada 2021, RM menyatakan bahwa faktor-faktor penentu K-pop tidak berubah secara signifikan. Dia menyoroti grup K-pop dengan anggota asing. Blackswan termasuk salah satunya.

RM mengatakan bahwa mereka dianggap sebagai grup K-pop meskipun tidak semua anggotanya berasal dari Korea, selama mereka menciptakan musik dalam genre tersebut.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement