Ahad 07 Jan 2024 04:00 WIB

Disebut Penutup Nggak Jelas, Komunitas Hijabers: Hijab Ibarat Perisai, Identitas Muslimah

Pernyataan Arya Wedakarna soal penutup kepala dinilai konteksnya tentang jilbab.

Rep: Adysha Citra Rahmadhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pengunjung berfoto di area Hijab Expo Indonesia (HEI) 2023 di Gastro Pullman Hotel Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/9/2023). Hijab merupakan identitas Muslimah.
Foto:

Putri juga turut mengomentari klarifikasi yang telah diberikan oleh Arya. Putri mengingatkan bahwa jejak digital akan selalu ada.

Oleh karena itu, sudah seharusnya orang-orang lebih berhati-hati dalam berucap dan bertindak. Selain itu, Putri juga menekankan pentingnya menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan beragama, yakni dengan membiarkan umat agama lain melakukan apa yang menjadi perintah agamanya (berhijab).

"Semoga masyarakat juga semakin teredukasi akan pentingnya toleransi beragama (yang benar) ini. Dan sebagai reminder (pengingat) kita semua, baginda Nabi Rasulullah SAW bersabda 'berkatalah baik, atau diam'," kata Putri.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Presiden Komunitas Jurnalis Berhijab periode 2022-2025, Okky Irmanita. Okky turut menyayangkan pernyataan Arya terkait hijab dalam video viral yang beredar.

"Kita tahu, hijab merupakan ajaran agama Islam, yang kebetulan pemeluknya adalah mayoritas penduduk Indonesia," tutur Okky kepada Republika.co.id.

Bagi Muslimah, Okky mengatakan hijab bukanlah sekedar penutup kepala. Akan tetapi, hijab merupakan "perisai" yang melindungi perempuan.

Okky menyatakan, hijab juga bukanlah penghalang bagi seorang Muslimah untuk eksis bekerja di berbagai industri dan profesi. Hal ini tak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia. Dengan perkembangan tren fesyen modest, para Muslimah juga bisa tetap terlihat modis dengan hijab mereka.

"Saya pribadi mengajak kita semua untuk kembali mengingat semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Mumpung masih semangat tahun baru. Mari kita rangkul dan ingatkan Bapak Senator untuk saling menghargai," tutur Okky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement