Sabtu 06 Jan 2024 18:57 WIB

Ini Lima Kecelakaan 'Adu Banteng' Kereta Tragis dalam Tiga Tahun Terakhir

Tabrakan antarkereta kerap memberikan dampak dan kerusakan yang sangat parah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Foto udara proses evakuasi kereta api lokal Bandung Raya yang bertabrakan dengan kereta api Turangga di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). PT KAI menyatakan 4 orang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. Penyebab kecelakaan hingga kini masih dalam proses penyelidikan.
Foto:

Kecelakaan ini menjadi kecelakaan kereta api paling mematikan di Yunani. Oleh karena itu, aksi protes dan bentrok sempat berlangsung setelah kecelakaan kereta ini terjadi. Menteri Transportasi Yunani kala itu, kostas Karamanlis, memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawabnya.

4. Tabrakan Kereta Ghotki

Pada 7 Juni 2021, dua kereta api mengalami tabrakan di distrik Ghotki, yang berada di wilayah selatan provinsi Sindh, Pakistan. Tragedi ini menewaskan 65 orang dan menyebabkan sekitar 150 orang luka-luka.

photo
Tentara menggunakan derek untuk memindahkan puing-puing di lokasi tabrakan kereta api di distrik Ghotki di Pakistan selatan, Senin, 7 Juni 2021. - (AP/Waleed Saddique)

Tabrakan yang terjadi sebelum fajar ini terjadi setelah sebuah kereta ekspres keluar jalur dan masuk ke jalur berlawanan yang ada di dekatnya. Satu detik kemudian, kereta ekspres lain dari arah berlawanan datang dan menghantam kereta tersebut. Berdasarkan hasil investigasi, kereta pertama keluar jalur karena adanya kerusakan pada sambungan las di rel kereta.

5. Tabrakan Kereta Sohag

Pada 26 Maret 2021, dua kereta api bertabrakan di distrik Tahta, Sohag, Mesir. Tabrakan ini menewaskan 18 orang dan membuat setidaknya 200 orang mengalami luka-luka.

Naasnya, tabrakan ini terjadi karena seseorang atau sekelompok orang secara sengaja membuat rem darurat pada kereta depan terpicu. Di sisi lain, kereta kedua yang sedang melaju di belakang gagal untuk mengerem. Akibatnya, kereta yang berhenti karena rem darurat ditabrak oleh kereta yang datang di belakangnya.  

 

Kecelakaan ini kembali menyoroti buruknya sistem perawatan dan manajemen kereta api di Mesir. Dalam kurun waktu 2008-2017 misalnya, ada hampir 11.000 kecelakaan yang terjadi di rel kereta Mesir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement