Rabu 03 Jan 2024 04:10 WIB

Wisata Kawah Ijen Tutup Sementara, Kapan Bisa Kembali Dikunjungi Wisatawan?

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Banyuwangi, Jawa Timur.

Foto udara suasana Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur. Pada masa liburan, Taman Wisata Alam Kawah Ijen selalu ramai dikunjungi wisatawan.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Foto udara suasana Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur. Pada masa liburan, Taman Wisata Alam Kawah Ijen selalu ramai dikunjungi wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Ingin berkunjung ke Kawah Ijen? Kabar buruk buat wisatawan, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen tengah ditutup sementara mulai 3 Januari 2024 oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

"Memang benar TWA Kawah Ijen ditutup sementara untuk evaluasi, dan kami sudah menerima surat edaran dari BBKSDA," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Muhammad Yanuarto Bramuda, di Banyuwangi, Jatim, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga

Kapan Taman Wisata Alam Kawah Ijen kembali dibuka? Bramuda menjelaskan hal tersebut belum diputuskan karena masih menunggu hasil evaluasi dan rapat koordinasi BBKSDA yang akan digelar di Surabaya pada Rabu (3/1/2024).

Penutupan salah satu destinasi andalan di Banyuwangi itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE.01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024, tentang penutupan Kawasan TWA Kawah Ijen. Surat edaran itu ditandatangani Kepala BBKSDA Jatim Nur Patria Kurniawan, dan diterbitkan pada Selasa.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Purwantono menjelaskan penutupan TWA Kawah Ijen dalam rangka evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama 2023 dan persiapan kegiatan kunjungan tahun 2024. Setelah menerbitkan surat penutupan itu, menurut Purwantono, BBKSDA akan menggelar rapat terkait evaluasi dan persiapan kegiatan wisata tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement