Selasa 02 Jan 2024 22:00 WIB

Kelelahan Setelah Berlibur, Simak Tujuh Tips Mengatasinya

Pemulihan dari kelelahan adalah proses bertahap.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penumpang kereta api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (2/1/2024). Aktivitas berlibur juga bisa bikin lelah.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang kereta api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (2/1/2024). Aktivitas berlibur juga bisa bikin lelah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah periode liburan yang cukup panjang, tiba saatnya kembali bekerja atau menempuh studi. Padahal, aktivitas padat selama waktu liburan terkadang membuat tubuh lelah, bahkan memicu stres. Akibatnya, seseorang kurang semangat memulai hari.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meringankan kelelahan dan dengan cepat dan memulai proses pemulihan. Berikut tujuh tips memulihkan diri dari kelelahan setelah liburan agar kembali berenergi, dikutip dari laman Forbes, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga

1. Prioritaskan waktu istirahat

Sebelum mulai masuk, beri jeda selama satu atau dua hari untuk benar-benar beristirahat dan memulihkan tenaga. Hindari aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan dan izinkan diri untuk bersantai. Pastikan waktu tidur cukup dan berkualitas.

2. Pola hidup sehat

Makan sehat dengan nutrisi seimbang memainkan peran penting dalam proses pemulihan dari kelelahan. Minumlah banyak air dan fokuslah mengonsumsi makanan seimbang dengan campuran buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.  

3. Relaksasi

Latih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam atau meditasi untuk membantu menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres. Ada sejumlah aplikasi berguna yang dapat membantu dalam hal ini, selain berlatih langsung di kelas meditasi.

4. Gerakkan tubuh

Lakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau peregangan ringan. Menggerakkan tubuh dapat melepaskan hormon endorfin yang merupakan pengangkat suasana hati alami. Bisa juga melakoni olahraga lari, tetapi tak perlu memaksakan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement