Kamis 28 Dec 2023 00:09 WIB

Kenapa Kursi Pesawat Kebanyakan Berwarna Biru, Cat Body-nya Putih?

Warna biru kerap menjadi pilihan untuk kursi pesawat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pesawat (ilustrasi). Mayoritas pesawat memilih cat putih untuk bodinya dan biru untuk kursinya.
Foto: www.freepik.com
Pesawat (ilustrasi). Mayoritas pesawat memilih cat putih untuk bodinya dan biru untuk kursinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian maskapai penerbangan memilih warna biru untuk kursi pesawatnya. Meskipun ada tambahan logo jenama atau warna khasnya, warna biru menghiasi kursi di kabin sejumlah maskapai. Ternyata, ada alasan khusus di baliknya.

Pakar desain Shelly Zundell yang pernah bekerja untuk perusahaan desain dengan klien seperti Boeing, mengungkapkan alasannya. Menurut Zundell, warna biru dipilih sebab membuat orang merasa tenang. Dengan begitu, penumpang bisa lebih rileks selama perjalanan.

Baca Juga

"Idenya adalah untuk memberikan kesan pesawat lebih nyaman, dengan warna-warna yang menenangkan dan desain yang menenangkan," kata Zundell, dikutip dari laman The Sun, Rabu (27/12/2023).

Perancang penerbangan Nigel Goode pun setuju warna biru membangkitkan perasaan tenang sehingga mencegah penumpang merasa stres selama penerbangan. Selain itu, biru merupakan warna korporat yang konservatif dan tidak kontroversial.

"Meskipun beberapa maskapai penerbangan berbiaya rendah mungkin menggunakan warna yang lebih terang dan lebih berani, sebagian besar lainnya menggunakan warna yang tidak "bersuara", tujuan utamanya adalah untuk menciptakan nuansa santai seperti di rumah sendiri," ungkap Goode.

Pendiri dan CEO Nanak Flights di India, Rishi Kapoor, juga mengatakan bahwa kursi biru di pesawat mencegah penumpang merasa stres. Bagi sebagian orang, pemilihan warna mungkin sepele atau detail yang tidak penting, padahal dampaknya cukup signifikan.

"Ini adalah salah satu hal yang membantu menjadikan penerbangan sebagai cara terbaik untuk bepergian," ujar Kapoor.

Para ahli dari Colour Psychology menyebut biru sebagai warna yang merepresentasikan kedamaian. Biru adalah warna laut yang tenang dan langit yang cerah. Keduanya terkait dengan ketenangan, ketenangan, dan kejernihan batin, juga terbukti membuat detak jantung dan pernapasan menjadi lebih teratur.

Selain kaitannya dengan psikologi, pemilihan warna biru (terutama biru tua) juga dikaitkan dengan kebersihan. Warna itu memungkinkan noda lebih tersamar dibandingkan jika memilih kursi berwarna terang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement