Senin 25 Dec 2023 23:40 WIB

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Titipkan Anabul Saat Liburan

Pastikan hewan sudah divaksinasi dengan jadwal vaksin terkini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Meninggalkan kucing saat liburan (ilustrasi).
Foto: republika
Meninggalkan kucing saat liburan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah keseruan persiapan liburan akhir tahun, sebagian orang yang memiliki hewan peliharaan merasa waswas meninggalkan "anak bulu"-nya. Jika hewan peliharaan tidak dibawa bepergian, tentunya harus dirawat dengan baik saat Anda tidak di rumah.  

Ada beberapa pilihan untuk itu, yakni menitipkan peliharaan ke fasilitas khusus hotel hewan, menyewa jasa penjaga hewan, atau meminta orang yang dikenal menjaga hewan di rumah. Yang jelas, jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan sendirian.

Baca Juga

Menurut badan amal kesejahteraan hewan Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA), opsi terbaik adalah meminta teman atau anggota keluarga yang dipercaya menjaga satwa. Jika hal ini tidak memungkinkan, barulah gunakan jasa pengasuh hewan peliharaan atau menitipkan ke tempat penginapan khusus.

Saat meninggalkan hewan peliharaan dalam perawatan orang lain, pastikan orang itu akan merawat hewan peliharaan dengan baik. Beri mereka instruksi yang jelas tentang cara merawat hewan peliharaan. Tinggalkan nama, nomor telepon dokter hewan, dan kontak darurat.

Pastikan hewan sudah divaksinasi dengan jadwal vaksin terkini, serta sudah mendapat pengobatan kutu dan cacing sehingga kondisinya prima. Hewan peliharaan bisa menjadi stres saat majikannya pergi, karena ini berarti ada perubahan pada rutinitas normalnya.

Sampaikan detail tentang rutinitas hewan peliharaan kepada perawat hewan dan mintalah mematuhi rutinitas itu semirip mungkin. Itu termasuk makanan dan camilan yang biasa dimakan hewan, disertai petunjuk pemberian makan sehari-hari.

Jika hewan tidak dijaga di rumah, bawa barang-barang yang berbau familier untuk menemaninya. Misalnya, bagi anjing dan kucing, bawakan sesuatu seperti selimut atau pakaian usang Anda. Untuk kelinci dan hewan kecil, beberapa benda dari sarang atau kandangnya akan membantu hewan merasa nyaman di tempat asing.

Pastikan tempat penitipan hewan yang dipilih memang terpercaya, termasuk kebersihan yang terjamin dan kelengkapan fasilitas. Tanyakan apakah staf akan menghabiskan waktu bersama hewan dan memberi hewan kontak sosial yang diperlukan. Jika ada sistem pemantauan, akan lebih baik.

"Beri tahukan tentang kepribadian hewan peliharaan dan cara bersosialisasi dengannya. Luangkan juga sesi perkenalan dengan pengasuh hewan sebelum pergi," demikian ulasan RSPCA, dikutip dari laman resminya, Senin (25/12/2023). 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement