Sabtu 23 Dec 2023 00:07 WIB

Denny Sumargo Ucap Kalimat Syahadat, Otomatis Masuk Islam?

Denny Sumargo mengucap kalimat syahadat mengikuti Dery eks Vierra.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Denny Sumargo sempat mengucap syahadat di salah satu podcast.
Foto: Antara
Denny Sumargo sempat mengucap syahadat di salah satu podcast.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtuber Denny Sumargo menyita perhatian warganet setelah konten dirinya bersama podcaster Deryanshaa alias Dery eks Vierra viral di media sosial. Dalam tayangan Youtube Denny Sumargo yang akrab disapa Densu itu turut mengucap kalimat shahadat yang dibimbing oleh Dery.

"Serius nanya nih, emangnya kalau mengucapkan kalimat syahadat, otomatis masuk Islam?" tulis Denny di Instagram, dikutip Jumat (22/12/2023).

Baca Juga

Banyak warganet menjawab bahwa mengucap syahadat tidak otomatis membuat seseorang masuk Islam jika sedang bercanda atau tidak sengaja. Dalam konten tersebut, Denny mengucapkannya memang tidak serius dan sadar hendak masuk Islam.

Ketika itu Denny dipancing Dery yang mengajukan pertanyaan tentang rukun Islam. Kemudian Dery memberi contoh kalimat syahadat yang kemudian diikuti Denny.

Apakah seseorang otomatis masuk Islam hanya dengan mengucapkan syahadat? Dikutip dari laman NU Online, untuk masuk ke dalam agama Islam, caranya cukup mudah dan tidak ribet. Namun, untuk memeluk Islam bukan hanya mengucap syahadat yang dinilai, situasi pengucapannya juga harus dalam keadaan sadar dan tidak sedang bercanda.

"Orang yang ingin masuk Islam cukup melafalkan dua kalimat syahadat dan menjalan kewajiban agama, seperti sholat lima waktu, puasa Ramadhan, dan lainnya. Artinya, dalam hal ini, pengucapan syahadat dilakukan dengan sadar dan kemudian diikuti rukun Islam lainnya," demikian menurut laman NU.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement