Rabu 20 Dec 2023 21:18 WIB

Dua Sejoli tak Sungkan Berbuat Mesum di Kafe Malang dan Jaksel, Adat Ketimuran Luntur?

Warganet riuh mengecam kelakuan sejoli yang mesum di kafe.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Dua sejoli bergandengan tangan (ilustrasi). Generasi muda sangat membutuhkan peran lingkungan terdekat dalam membangun standar moralnya.
Foto: www.rawpixel.com
Dua sejoli bergandengan tangan (ilustrasi). Generasi muda sangat membutuhkan peran lingkungan terdekat dalam membangun standar moralnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viralnya tindakan tidak senonoh yang dilakukan pasangan muda mudi di tempat umum telah memantik pertanyaan tentang adat ketimuran di mata generasi masa kini. Beberapa hari lalu, dua sejoli tertangkap kamera sedang mesum dan tertangkap kamera di sebuah kafe di Malang, Jawa Timur.

Tak lama berselang, muncul kembali video perilaku serupa di sebuah restoran yang terjadi daerah Senopati, Jakarta Selatan. Kepolisian dikabarkan akan mencoba mendalami kasus tersebut.

Baca Juga

Sepintas, adat ketimuran tampaknya belum sepenuhnya ditinggalkan. Itu jika dilihat dari respons negatif warganet terhadap kelakuan yang menyalahi norma sosial itu.

Di sisi lain, sosiolog Universitas Nasional Nia Elvia melihat bahwa hari ini peran stakeholder untuk generasi muda masih relatif minim. Padahal, generasi muda tentu sangat membutuhkan peran internal, bahkan lingkup terkecil soal standar moral.

"Saya kira fenomena seperti ini berkembang karena minimnya internalisasi (pendarahdagingan) nilai-nilai moral atau norma agama dalam masyarakat kita," kata Nia, Rabu (20/12/2023).

Untuk mengatasi hal tersebut, Nia mengatakan peran ulama perlu ditingkatkan kembali. Nia juga menilai bahwa peranan pemerintah sangat penting untuk secara aktif untuk memfilter tradisi yang bertentangan dengan nilai atau norma dalam masyarakat kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement