Ahad 17 Dec 2023 12:49 WIB

Gunung Tiba-Tiba Erupsi, Bagaimana Cara Pendaki Menyelamatkan Diri?

Tantangan setiap mendaki gunung pasti akan berbeda-beda.

Seorang petani merawat sawahnya saat Gunung Marapi memuntahkan material vulkanik ke udara di Agam, Sumatera Barat, Indonesia, Rabu (6/12/2023). Tim penyelamat sedang mencari seorang pendaki wanita yang terjebak dalam letusan gunung berapi di akhir pekan yang menewaskan hampir dua belas pendaki dan melukai beberapa lainnya.
Foto:

Agi juga berpesan agar para pendaki tetap menjaga kelestarian lingkungan di gunung, seperti tidak meninggalkan sampah di lokasi pendakian, tidak memburu hewan, dan tidak mengambil apapun dari sana.

"Kalau saya selalu mengikuti kata-kata John Muir, yaitu 'Take nothing but picture' (jangan ambil apapun selain foto), 'Kill nothing but time' (jangan bunuh apapun kecuali waktu), dan 'Leave nothing but footprint' (jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki). Itu buat saya kepakai banget," kata pendaki gunung yang sudah memiliki pengalaman selama 25 tahun itu.

Agi pun berharap pengelolaan kawasan gunung di Indonesia dapat meningkat lebih baik, dengan bercermin dari pengelolaan kawasan gunung di negara lain. Menurut Agi, saat ini masih banyak pengelolaan gunung di Indonesia yang kurang terfasilitasi dengan baik, sehingga mengurangi kenyamanan para pendaki.

"Harapannya, ke depan pendaki-pendaki kita lebih bertanggung jawab. Jadi, naik gunung harus melakukan persiapan supaya dia enjoy dan tidak mengganggu orang lain," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement