Sabtu 16 Dec 2023 22:19 WIB

Ini Film yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2023

Film Barbie menjadi yang paling banyak dicari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Film Barbie menduduki puncak tabel Google Trends untuk kueri film terbanyak.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Film Barbie menduduki puncak tabel Google Trends untuk kueri film terbanyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital multilayar, dunia penelusuran Google semakin menjadi gambaran dalam kesuksesan sebuah film film di seluruh dunia. Ini terutama ketike periode menjelang akhir pekan pembukaan film.

Film Barbie dan Oppenheimer membuat heboh pada musim panas lalu, di mana keduanya menduduki puncak tabel Google Trends untuk kueri film terbanyak yang dibuat di seluruh dunia pada tahun 2023. Google Trends melacak penelusuran pengguna, termasuk di YouTube yang cuplikannya memengaruhi pilihan film bagi penonton bioskop. 

Berikut hasil pencarian global tertinggi Google selama setahun terakhir untuk tren box office, seperti dikutip dari Hollywood Reporter, Sabtu (16/12/2023).

1. Barbie

Barbie karya sutradara Greta Gerwig yang menghidupkan karakter boneka fesyen ikonik Mattel, menjadi film yang paling banyak dicari di Google secara global tahun ini. Ketertarikan pengguna internet terutama pada album soundtrack, mencapai puncaknya dengan debut global yang memukau dari film bernuansa wanita ini pada akhir Juli 2023. Daya tarik penelusuran untuk film yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling tersebut melonjak di Meksiko, AS, dan Brasil.

2. Oppenheimer

Pertarungan box office antara drama bom atom Christopher Nolan dan Barbie, atau dijuluki “Barbenheimer” di media sosial, membuat penelusuran global di Oppenheimer melonjak dalam tren pada Juli 2023. Ini mencapai puncaknya di Irlandia, yang kebetulan merupakan tempat asal Cillian Murphy.

3. Jawan

Film thriller aksi Shah Rukh Khan Jawan menempati posisi ketiga, dengan penelusuran Google memuncak di India dan perilisannya di bioskop dilakukan awal September. Drama berbahasa Hindi yang didukung oleh Yash Raj Films dibantu oleh pemeran utama “King Khan” yang memiliki basis penggemar global dan menjangkau lebih jauh melampaui India.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement