Jumat 15 Dec 2023 15:13 WIB

Gejalanya Mirip Covid-19, Pakai Masker Kalau Lagi Flu

Kasus Covid-19 kembali meningkat.

Warga menggunakan masker saat berjalan di Jakarta, Jumat (8/11/2023). Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengimbau masyarakat kembali taat mematuhi protokol kesehatan terutama memakai masker mengingat kasus COVID-19 di Indonesia mulai menunjukkan tren kenaikan kasus.
Foto:

Saat ini, orang kembali menyentuh benda di tempat umum seperti lift, eskalator, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu digalakkan kembali protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan memakai masker.

Apabila punya gejala-gejala flu yang mirip Covid-19, hindari berkumpul dengan banyak orang terlebih dahulu. Lakukan isolasi mandiri.

"Di rumah dululah, sampai sembuh, baru kemudian silakan keluar dengan menggunakan masker, karena habis sembuh dan masih bergejala itu sebenarnya virusnya juga bisa menularkan," ujar Budi.

Menurut dia, seseorang tidak seharusnya membuat spekulasi tentang kesehatan dirinya sendiri. Dia mencontohkan, banyak orang yang sebenarnya punya komorbiditas, namun tidak menyadari hal tersebut, sehingga gejala-gejala flu mirip Covid-19 yang mereka alami menjadi semakin berat.

"Karena bagaimanapun juga kita kan nggak bisa bermain-main dengan kesehatan diri sendiri ya," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement